Pelajaran dan Tugas Sekolah

Susunan Acara Resepsi Pernikahan


Artikel Terkait dengan Susunan Acara Resepsi Pernikahan

Mungkin bisa sedikit membantu sobat yang sedang ingin melakukanacara pernikahan di tunjuk sebagai koordinator acara untuk anda yang lagi belajar jadi panitian acara pernikahan tentunya, sedikit susunan acara di bawah ini bisa membantu anda dalam menyusun acara dengan baik tapi anda bisa juga mengubahnya sesuai dengan keinginan yang punya hajat, sedikit tentang pernikahan untuk anda . jangan lupa sobat baca juga Ucapan Pernikahan

Untuk Memenuhi Tuntutan Naluri Manusia yang Asasi Pernikahan adalah fitrah manusia, maka jalan yang sah untuk memenuhi kebutuhan ini adalah dengan ‘aqad nikah (melalui jenjang pernikahan), bukan dengan cara yang amat kotor dan menjijikkan, seperti cara-cara orang sekarang ini; dengan berpacaran, kumpul kebo, melacur, berzina, lesbi, homo, dan lain sebagainya yang telah menyimpang dan diharamkan oleh Islam. Kata Rindu Kepada Kekasih

Contoh Susunan Acara Pernikahan Akad Nikah
Susunan acara pernikahan pada prosesi akad nikah yang teratur diperlukan karena berawal dari akad nikahlah laki-laki dan perempuan menjadi sepasang suami-istri. Kesuksesan pada akad nikah akan sangat berkesan bagi kedua calon pasangan untuk itu kita tidak boleh asal membuat susunan acara. Susunan acara yang berantakan dan tidak teratur akan membuat acara menjadi kacau dan rumit. Para hadirin pun bisa dibuat menjadi bingung dan keheranan dan mungkin dalam benak mereka mengatakan bagaimana mungkin akad nikah ini bisa berantakan, siapakah yang salah ?

Nah sebelum hal ini terjadi pada keluarga anda maka anda bisa meniru contoh susunan acara pernikahan pada prosesi akad nikah yang umum berlaku di tempat anda.

Contoh susunan acara pernikahan akad nikah berikut adalah susunan acara pernikahan yang biasa ditemukan di daerah Jawa, yaitu ::

1. Pembukaan dengan mengucapkan Basmalah. Karena mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam, maka pada pembukaan acara, pembawa acara (MC) akan meminta para hadirin untuk mengucapkan basmalah bersama-sama sebelum memulai acaranya. Setelah membacakan susunan acara, pembawa acara akan mempersilahkan petugas pelaksana acara berikutnya untuk melaksanakan tugasnya.

2. Pembacaan Al-Qur’an. Untuk acara akad nikah atau pernikahan, surat yang dibaca biasanya adalah ayat-ayat al Qur’an yang bertemakan pernikahan.
3. Acara inti ijab dan qobul di pimpin oleh petugas dari KUA
4. Serah Terima Mahar
5. Penandatanganan buku nikah
6. Do’a habis ijab-qobul
7. Tausiyah Pernikahan
8. Penutup

Untuk pembacaan ayat-ayat al Qur’an pada contoh susunan acara pernikahan di atas anda bisa memilih ayat-ayat sebagai berikut :

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan kamu dari tanah, kemudian tiba-tiba kamu (menjadi) manusia yang berkembang biak.  Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui. (TQS. Ar Ruum : 20-22)

Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. Dan jika kamu khawatirkan ada persengketaan antara keduanya, maka kirimlah seorang hakam dari keluarga laki-laki dan seorang hakam dari keluarga perempuan. Jika kedua orang hakam itu bermaksud mengadakan perbaikan, niscaya Allah memberi taufik kepada suami-isteri itu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (TQS. An Nisaa' [4]: 34-35)Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (TQS. At Tahrim [66]: 6)

Contoh Susunan Acara Pernikahan Resepsi

Walimatul urusy atau biasa disebut resepsi pernikahan di masyarakat. Resepsi pernikahan akan mengundang banyak tamu bergantung pada kesepakatan antara kedua calon mempelai. Beberapa pernikahan besar yang terjadi di masyarakat terkadang bisa mengundang ratusan bahkan ribuan undangan. Kita tentunya tidak ingin acara resepsi pernikahan menjadi gagal karena rugi waktu, tenaga dan harta serta dapat membuat malu keluarga. Untuk itu diperlukan susunan acara pernikahan yang baik agar resepsi pernikahan berjalan dengan teratur dan rapi. Anda bisa meniru berbagai contoh susunan acara pernikahan yang banyak tersedia di majalah wanita, keluarga atau yang tersebar di dunia maya.
Berikut ini Contoh susunan acara pernikahan pada prosesi resepsi :
1. Pembukaan
2. Pembacaan Al-Qur’an, surat yang dibaca hampir sama dengan ketika acara ijab-qobul.
3. Sambutan tuan rumah biasanya diwakilkan kepada anggota keluarga yang tertua atau yang dituakan dikeluarga tersebut. Isi sambutan mengenai ucapan selamat datang, ucapan terima kasih kepada para undangan yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk menghadiri undangan, mohon do’a restu terutama untuk kedua mempelai, dan mohon maaf jika kata sambutan kurang berkenan di hati.
4. Sambutan serah terima mempelai perempuan kepada pihak mempelai laki-laki.
5. Sambutan penerimaan mempelai perempuan oleh pihak mempelai laki-laki.
6. Tamu undangan dipersilahkan menikmati hidangan makanan yang telah tersedia.
7. Tausiyah yang disampaikan oleh seorang ustadz.
8. Do’a
9. Penutup
10. Para tamu undangan menyalami mempelai sambil mengucapkan do’a dan berpamitan.

Penjelasan Contoh Susunan Acara Pernikahan Prosesi Resepsi

Contoh susunan acara pernikahan di atas dapat anda gunakan sebagai patokan maksudnya anda bisa mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan. Bila acara resepsi pernikahan diadakan di sebuah gedung, biasanya tidak terlalu banyak acara kata sambutan. Pembukaan, acara hiburan, dan tamu datang langsung memberi selamat dan do’a kepada kedua mempelai. Selanjutnya tamu menikmati hidangan makanan dan kalau sudah selesai, tamu undangan pulang.

Kalau contoh susunan acara pernikahan yang digunakan adat Cina, tidak ada kata sambutan apa pun. Pengantin berdiri di pintu masuk bersama kedua orangtua menyambut para tamu undangan. Setelah dirasa semua tamu undangan sudah datang, kedua orangtua pengantin duluan naik ke atas pelaminan.

Setelah kedua orangtua mempelai berada di pelaminan, baru pengantin berjalan menuju ke pelaminan diiringi lagu-lagu Mandirin. Setelah itu, kedua pengantin memberi hormat kepada orangtua laki-laki dilanjutkan memberi hormat kepada orangtua perempuan.

Lalu, barulah kedua pengantin saling memberi hormat. Sehabis acara saling memberi hormat, acara dilanjutkan dengan memotong kue yang biasanya dibuat bertingkat-tingkat. Sehabis salam-salaman dan memotong kue, tamu dipersilahkan makan.

Itulah 2 contoh susunan acara pernikahan yang teratur dan rapi. Persiapan lain dalam melangsungkan pernikahan dapat anda lakukan sedini mungkin agar acara pernikahan anda atau keluarga menjadi momen tidak terlupakan.



Description: Susunan Acara Resepsi Pernikahan Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Susunan Acara Resepsi Pernikahan


Pengunjung Lain Juga Membaca:


Gali lebih banyak tentang Susunan Acara Resepsi Pernikahan
0 Komentar untuk "Susunan Acara Resepsi Pernikahan"
Back To Top