Pelajaran dan Tugas Sekolah

Perkembangan Teknologi Informasi dalam pendidikan : Proses Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh)


Artikel Terkait dengan Perkembangan Teknologi Informasi dalam pendidikan : Proses Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh)

Proses Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh)

          Teknologi informasi merupakan kalimat yang sering kita dengar bahkan sudah tidak asing lagi, segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis.salah satu nya dalam proses belajar mengajar.

Kemajuan teknologi informasi merupakan sebuah kenyataan perkembangan peradaban dunia yang memberikan banyak akses bagi terjadinya perubahan pola kehidupan masyarakat dalam berbagai bidang. Kondisi tersebut, turut pula menjadi pemicu bagi upaya-upaya perubahan dalam sistem pembelajaran atau pendidikan. Yakni upaya untuk melepaskan dunia pendidikan dari model pembelajaran konvensional, Salah satunya dengan mengadakan proses Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh). Teknologi baru ini banyak digunakan di universitas-universitas dan lembaga di seluruh dunia. Dengan tren baru-baru ini kemajuan teknologi, pembelajaran jarak jauh menjadi lebih diakui untuk potensialnya dalam memberikan perhatian individual dan komunikasi dengan siswa internasional.
            
Banyak sekali macam-macam teknologi informasi yang menunjang untuk pengembangan program Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh) antara lain :
  1. Penggunaan Komputer : Perkembangan komputer dari tahun ketahun semakin membaik dan fleksibel digunakan untuk segala bidang. Proses Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh) sangat bergantung pada Penggunaan Komputer.Karena Komputer sebagai proses untuk membuat dan menyediakan akses untuk belajar ketika sumber informasi dan peserta didik dipisahkan oleh waktu dan jarak, atau keduanya.
  2.  Kehadiran Internet : Kehadiran internet pun sangat mempengaruhi sukses atau tidak nya proses Distance Learning (Pembelajara Jarak Jauh), Karena tanpa internet Komputer seolah tidak ada artinya,dan tidak dapat mewujudkan Proses Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh).Internet atau “Inter-Network” adalah seluruh jaringan computer yang terhubung secara global melalui Protokol Perukaran Informasi (TCP/IP) yang menyediakan layanan E-mail dan WWW (Word Wide Web).
Manfaat dan dampak positif yang didapat dari Proses Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh) oleh Pelajar antara lain :
  1. Dimungkinkan terjadinya distribusi pendidikan ke semua penjuru Tanah Air dengan kapasitas daya tampung yang tidak terbatas, karena tidak memerlukan ruang kelas. Guru dan murid tidak perlu bertatap muka secara langsung dalam ruang kelas, karena yang digunakan adalah fasilitas komputer yang dihubungkan dengan internet atau intranet. Sehingga, dengan belajar seperti ini akan mengurangi biaya operasional pendidikan, seperti biaya pembangunan dan pemeliharaan gedung, transportasi, pemondokan, kertas, alat tulis dan sebagainya.
  2.  Tidak terbatas oleh waktu. Pembelajar dapat menentukan kapan saja waktu untuk belajar, sesuai dengan ketersediaan waktu masing-masing. Proses pembelajaran ini sangat cocok diterapkan bagi karyawan/pegawai. Proses pendidikan tidak perlu mengganggu waktu bekerja mereka. Sehingga, karyawan/pegawai masih tetap berkontribusi bagi perusahaan tempat mereka bekerja.
  3. Pembelajar dapat memilih topik atau bahan ajar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing. Hal ini sangat baik karena dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Seperti diyakini kaum pendidik, bahwa pembelajar akan sangat efektif manakala sesuai dengan keinginan dan kebutuhan peserta didik.
  4.  Lama waktu belajar juga bergantung pada kemampuan masing-masing pembelajar. Kalau si pembelajar telah mencapai tujuan pembelajaran, ia dapat menghentikannya. Sebaliknya, apabila si pembelajar masih memerlukan waktu untuk mengulangi kembali subjek pembelajarananya, dia bisa langsung mengulanginya tanpa tergantung pada pembelajar lain atau pengajar.
  5. Keakuratan dan kekinian materi pembelajaran. Mengingat, materi pembelajaran disimpan dalam komputer, berarti materi itu mudah diperbarui sesuai dengan perkembangan iptek. Kaum pembelajar dapat menanyakan hal-hal yang kurang dipahami secara langsung kepada pengajar, sehingga keakuratan jawaban dapat terjamin.
  6. Pembelajar jarak jauh ini dapat dilaksanakan secara interaktif, sehingga menarik perhatian pembelajar.
Kekurangan dan dampak negative yang didapat dari Proses Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh) oleh Pelajar antara lain :
  1. Tingginya kemungkinan gangguan belajar. Karena sifat cara pendidikan jarak jauh ini merupakan belajar mandiri, sehingga kemungkinan terjadi gangguan selama belajar sangat mungkin.
  2. Kesulitan mendapat penjelasan pengajar/fasilitator yang sesegera mungkin apabila si pembelajar mendapatkan kesulitan.
  3. Pemahaman pembelajar terhadap bahan ajar. Bisa saja terjadi kesalahan visi dan persepsi terhadap tujuan yang ditentukan. Si pembelajar merasa bahwa dia telah mencapai tujuan pembelajaran. sedangkan pengajar/fasilitator masih menganggap belum tercapai sepenuhnya.

Upaya yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi dampak negatif dari Proses Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh) sebagai berikut :
  1. Memberikan motovasi kepada pelajar agar memiliki rasa ingin tahu dan semangat belajar dengan cara memberikan tugas-tugas secara online,dengan bobot yang sesuai denga pelajar tersebut.
  2. Memberikan waktu kepada pelajar unuk bertanya apa yang kurang iya pahami dibantu dengan membuka Internet atau media informasi secara onine
  3. Dengan mengadakan Evaluasi dan Refleksi disetiap ahir paket pembelajaran
Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan Komentar Saja,Karena Komentar Rekan-rekan membangun Laman ini.

Terimakasih telah membaca Thread/Postingan saya semoga bermanfaat Tunggu Kelanjutan Thread/Postingan saya selanjutnya.




Description: Perkembangan Teknologi Informasi dalam pendidikan : Proses Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh) Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Perkembangan Teknologi Informasi dalam pendidikan : Proses Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh)


Pengunjung Lain Juga Membaca:


Gali lebih banyak tentang Perkembangan Teknologi Informasi dalam pendidikan : Proses Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh)
0 Komentar untuk "Perkembangan Teknologi Informasi dalam pendidikan : Proses Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh)"
Back To Top