Pelajaran dan Tugas Sekolah

Persyaratan Mendasar Seorang Public Relations


Artikel Terkait dengan Persyaratan Mendasar Seorang Public Relations



di Lapangan


Berikut beberapa persyaratan mendasar yang sebaiknya dimiliki oleh seorang Public Relations :
1. Kemampuan Berkomunikasi
       Seni berkomunikasi memberi arti kemampuan seseorang untuk dapat “mendengarkan” yang sama baiknya dengan kemampuan untuk “berbicara”. Dalam hal menyampaikan pesan, terkadang kita memiliki kendala agar pesan tersebut mudah untuk dimengerti. Hal yang perlu kita perhatikan adalah kita dapat menggunakan perkembangan teknologi audiovisual untuk membuat seseorang menyukai informasi yang disampaikan.
2. Kemampuan Mengorganisasikan         
Kemampuan mengorganisasikan dapat diartikan sebagai kemampuan mengantisipasikan permasalahan yang akan terjadi. Selain itu dapat diartikan juga sebagai kemampuan untuk menyusun rencana kegiatan dan melaksanakannya sampai selesai, termasuk perincian anggarannya. Keseharian PR selalu terisi dengan berfikir, merencana, membuat anggaran, negosiasi, evaluasi, membuat laporan, dan sebagainya.
3. Kemampuan Bergaul
Kemampuan bergaul ditunjukkan dalam bentuk kemudahan dan keluwesan memasuki pergaulan dalam masyarakat, memiliki toleransi yang cukup dan selalu berusaha memahami orang lain. Hal yang harus diingat oleh seorang PR adalah dalam melakukan kerjasama/hubungan dengan berbagai macam orang, tidak selamanya dapat menyetujui atau menyukai sikap dan gagasan dari seorang PR. Apapun yang terjadi, seorang PR akan selalu berhadapan dengan berbagai sifat orang.
4. Kepribadian yang jujur
Tidak ada seorang PR yang bekerja efektif tanpa dirinya dapat diterima sebagai orang yang memiliki pribadi yang jujur dan dapat dipercaya. Kebenaran-kebenaran informasi yang dapat disampaikan akan menimbulkan rasa hormat orang lain terhadap dirinya maupun profesinya.
5. Imajinasi yang kuat
Praktisi PR haruslah seorang yang penuh gagasan atau ide-ide, mampu memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi, mampu menyusun rencana-rencana, dan dapat mengembangkan imajinasinya untuk mampu menciptakan kreativitas kerjanya. 



 



Description: Persyaratan Mendasar Seorang Public Relations Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Persyaratan Mendasar Seorang Public Relations


Pengunjung Lain Juga Membaca:


Gali lebih banyak tentang Persyaratan Mendasar Seorang Public Relations
0 Komentar untuk "Persyaratan Mendasar Seorang Public Relations"
Back To Top