Pelajaran dan Tugas Sekolah

Cara membuat donat Enak Dan legit

Donat adalah salah satu jenis kue basah yang terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega yang diolah dengan cara digoreng. Pada umumnya donat terbagi menjadi 2 macam, yaitu donat berbentuk cincin dengan lubang ditengahnya yang ditaburi dengan gula halus atau meisis dan donat berbentuk bundar yang diisi dengan selai, krim dan sebagainya. Dengan bentuknya yang unik dan rasanya yang enak, maka donat menjadi kue yang paling banyak digemari oleh semua orang. Resep donat sangat mudah untuk didapatkan, sehingga anda dapat mencoba membuatnya di rumah. Cara Membuat Bunga Dari Kertas Bekas

Donat merupakan salah satu makanan atau kue yang memiliki bentuk bulat dan berlubang ditengahnya, biasanya disukai oleh anak-anak. Namun sebenarnya jika cita rasa donat tersebut nikmat serta empuk pasti buka hanya anak-anak yang menyukainya melainkan remaja dan orang dewasa pun bisa menyukainya. Cara membuat donat yang empuk dan nikmat tergolong mudah sekali apabila Anda memiliki niat untuk membuatnya. Bahan-bahan yang diperlukan juga cukup mudah ditemukan di pasar atau supermarket.

Sebenarnya cara membuat donat tidak mudah, dibutuhkan takaran yang pas untuk membuatnya. Karena jika anda membuat sedikit saja kesalahan dalam membuatnya, sehingga donat akan menjadi bantat dan susah mengembang. Untuk menghindari hal tersebut, maka anda dapat menyimak pembahasan mengenai resep dan cara membuat donat langah demi langkah berikut ini : Cara Membuat resep Martabak Manis

Cara membuat donat empuk dan enak - Donat adalah salah satu jenis kue basah yang banyak digemari oleh semua orang di berbagai belahan dunia. Ciri utama donat yaitu dengan bentuknya seperti cincin yang mempunyai lubang ditengahnya dan ditaburi dengan gula halus atau taburan lainnya. Tidak hanya itu saja, ada juga donat yang berbentuk bundar yang dapat diisi dengan berbagai jenis selai dan sebagainya. Kue donat sendiri terbuat dari adonan tepung terigu, gula, mentega dan telur yang diolah dengan cara digoreng. Cara membuat donat cukup mudah, sehingga anda dapat mencoba membuatnya di rumah.

cara membuat donat 
Selain itu bahan yang diperlukan untuk membuat donat sangat mudah didapatkan, dan tidak memerlukan banyak waktu dalam proses membuatnya. Bagi yang gemar mengkonsumsi donat dan ingin mencoba membuat donat sendiri di rumah, silahkan lihat selengkapnya dalam artikel cara membuat donat sederhana empuk, lembut, enak dan praktis berikut ini :

Cara Membuat Donat


Resep Donat Sederhana 

 
Bahan :
- 200 cc air
- 1/2 kg tepung terigu
- 1/2 bungkus ragi instan 11 gram
- 4 sendok makan gula pasir
- 3 sendok makan mentega
- 3 sendok makan susu bubuk/susu kental
- 2 sendok teh garam
- 2 butir telur

Taburan :
- Gula halus

Cara Membuat :
  • Kocok 2 butir telur dengan sendok, kemudian masukkan gula pasir, garam, susu, mentega dan tepung terigu, aduk hingga rata.
  • Setelah itu campurkan ragi ke dalam air, aduk rata dan masukkan ke dalam adonan tersebut. Uleni hingga kalis dan diamkan dalam wadah tertutup sekitar 20 menit hingga adonan mengembang.
  • Selanjutnya ambil adonan 1 sendok makan dan bulatkan, simpan ke dalam wadah yang telah ditaburi dengan tepung terigu agar adonan menjadi tidak lengket. Lakukan cara tersebut hingga adonan habis dan diamkan selama 20 menit hingga bulatan adonan terlihat mengembang.
  • Kemudian panaskan minyak goreng, lubangi tengah bulatan adonan tersebut, goreng dengan api kecil dan tunggu hingga warnanya berubah kecoklatan. Angkat dan diamkan.
  • Tabuti donat dengan gula halus atau sesuai selera anda.
  • Donat sederhana siap untuk dihidangkan. 
Resep Donat Kentang Spesial

 
 Bahan :
- 500 gram tepung terigu
- 250 gram kentang
- 100 gram gula halus
- 100 gram mentega
- 100 ml air dingin
- 50 gram susu bubuk full cream
- 11 gram ragi instant
- 4 butir telur
- Garam secukupnya

Taburan :
- Gula Donat
- Coklat

Cara Membuat :
  • Bersihkan kentang terlebih dahulu, kukus, dinginkan dan haluskan.
  • Kemudian campurkan tepung terigu, susu bubuk, ragi, gula ke dalam baskom, aduk hingga rata. Lalu masukkan kuning telur dan air dingin.
  • Setelah itu uleni hingga merata dan setengah kalis. Diamkan selama 20 menit.
  • Selanjutnya bentuk adonan tersebut seperti cincin atau bentuk bundar. Diamkan lagi selama 20 menbit hingga donat terlihat mengembang.
  • Sambil menunggu donat mengembang, siapkan tempat penggorengan terlebih dahulu.
  • Tuangkan minyak goreng hingga kue donat dapat tercelup semuanya. Kemudian masukkan donat dan goreng dengan api sedang.
  • Angkat jika donat berwarna kekuning-kuningan dan tiriskan.
  • Taburi dengan gula donat dan hias atasnya dengan coklat diatasnya.
Itulah cara dan resep donat empuk dan enak kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba membuat donat sendiri di rumah sebagai sajian untuk keluarga tercinta. Terima kasih.

BACA SELENGKAPNYA...


Mirip dengan Cara membuat donat Enak Dan legit :


0 Komentar untuk "Cara membuat donat Enak Dan legit"
Back To Top