Pelajaran dan Tugas Sekolah

Foto-foto Spesies Baru

Sewaktu dilakukan ekspidisi laut dalam di Pantai Atlantic – Kanada, banyak ditemukan makhluk hidup bawah laut yang sangat diyakini termasuk spesies baru atau spesies yang belum diketahui. Ekspedisi tersebut dilakukan oleh tim dari Kanada dan Spanyol selama 20 hari. Karena penelitian dilakukan di laut dalam, tim ekspidisi tersebut menggunakan kapal selam robot yang disebut ROPOS yang dikendalikan dengan remote dan mampu menyelam di Newfoundland hingga kedalaman maksimum 9.800 feet atau sekitar 3.000 meter (3 km)!
Hasil ekspidisi tersebut tampak pada foto-foto profesional berikut ini.


 Foto foto Spesies BaruGurita Ungu – spesies belum diketahui
 Foto foto Spesies BaruPena Laut (sea-pen). Dinamakan begitu karena bentuknya menyerupai pulpen jaman dulu. Makhluk ini termasuk ordo Pennatulacea, salah satu kelompok koral lunak (soft corals). – spesies belum diketahui.
 Foto foto Spesies BaruKarang Cangkir (cup coral).Merupakan spesies aneh yang baru. Dinamakan karena bentuknya mirip cangkir kebalik.
 Foto foto Spesies BaruSponge Vas (vase sponge).Merupakan hewan multiseluler yang paling sederhana, tidak memiliki organ namun memiliki
banyak “pori-pori,” yang membentuk saluran atau kanal. Di Indonesia disebut dengan hewan berpori (Porifera). Inilah bentuk asli dari Sponge Bobs.
 Foto foto Spesies BaruKarang ber-Anemon Laut (Coral With Sea Anemones). Tampak lengan polip dari karang Paramuricea yang ditempeli banyak anemon laut berwarna pink. Anemon adalah kelompok hewan Coelenterata yang memiliki tentakel penyengat yang mampu melilit dan melumpuhkan mangsanya.
 Foto foto Spesies BaruUnknown sponge – Porifera (spons) yang tak dikenal.
 Foto foto Spesies BaruNew Bivalve – Bivalvia/Pelecypoda/Lamellibaranchiata spesies baru, merupakan hewan anggota Mollusca (hewan lunak)
 Foto foto Spesies BaruInilah ranjang spons putih besar dari keluarga Geodiidae yang difoto selama akhir ekspidisi di Newfoundland.
Penyelaman terakhir, yang mencakup rentang kedalaman 4000 feet , menemukan teras tebing yang penuh dengan spons dan karang pada dasar laut berpasir hampir tanpa kehidupan.

BACA SELENGKAPNYA...


Mirip dengan Foto-foto Spesies Baru :


0 Komentar untuk "Foto-foto Spesies Baru"
Back To Top