Pelajaran dan Tugas Sekolah

FENOMENA SUPERMOON


Artikel Terkait dengan FENOMENA SUPERMOON

FENOMENA SUPERMOON
Apa itu supermoon? Apakah anda pernah melihat supermoon?
Supermoon adalah fenomena alam dimana bulan (moon) beredar mengelilingi bumi pada titik terdekatnya, maksudnya supermoon terjadi saat bulan berada pada jarak terdekat atau paling dekat dengan bumi. Supermoon biasanya terjadi pada pertengahan bulan hujriah biasanya tanggal 14,15,16 pada bulan hijriah.
Bulan sebagai satelit alam satu-satunya yang dimiliki bumi sangar besar peranannya dan pengaruhnya terhadap planet bumi kita ini. Contohnya, saat bulan berada dititik terdekat dengan bumi, maka gaya gravitasi yang ditimbulkan akan semakin kuat. Dampaknya biasanya terasa di laut dan juga di pantai. Pada saat itu, juga bisa disebut bulan purnama, bulan akan nampak berinar terang dan nampak bulat sempurna. Dalam keadaan ini, air laut akan naik atau bisa disebut air laut sedang pasang. Itu karena pengaruh gaya gravitasi tadi. Apabila air laut naik, akibatnya air bisa merendam lapak-lapak pedagang di pesisir pantai, bahkan gempuran ombaknya bisa merusak lapak-lapak pedagang di pesisir. Pernah juga terdengar dalam berita, terdapat kapal nelayan yang hancur digulung ombak karena air laut pasang. Contoh yang lain yaitu angin bertiup lebih kencang dari biasanya. Ini terjadi akhir-akhir ini (8-12 Agustus 2014) angin terasa lebih kencang bertiup dari biasanya. Bahkan papan pengumuman didusun Piyaman2 yang terbuat dari triplek dengan posisi berdiri pun bisa rubuh.
Supermoon (purnama) tidak hanya berdampak buruk, tetapi juga memiliki segudang manfaat bagi manusia. Contohnya, saat bulan purnama berlangsung manusia bisa menikmati pancaran sinarnya yang sangat terang. Seperti pengalaman saya (10 Agustus 2014), saat itu saya akan berangkat solat ‘isya ke Masjid, diatas langit yang bersih dan tidak ada awan, terpancar sinar rembulan yang sangat indah serta bulannya berbentuk bulat sempurna. Saya pun berjalan ke masjid bagai tersinari lampu alam yang terang benderang. (jalan menuju masjid saya cukup gelap jadi Alhamdulillah bisa tersinari). Contoh lainya adalah saat bulan purnama anak-anak kecil khususnya didesa senang bermain dimalam hari. Sepertimain gobak sodor, main ular naga panjangnya, main egrang, main jamuran, dan banyak yang dimainkan. Karena dengan bulan bersinar terang lingkungan sekitar bisa terang dan terlihat, bahkan serasa seperti disiang hari karena sinar rembulan terang. Bahkan tercipta lagu juga yang inti isinya adalah mengajak anak-anak kecil untuk bermain dimalam hari dan jangan tidur sore hari (jam 7-8 pm). Jaman dahulu belum banyak teknologi, belum banyak lampu(listrik) masuk dusun atau juga desa, dan belum banyak yang memiliki TV. Jadi terciptanya lagu tersebut untuk hiburan anak-anak di desa dimalam hari, tidak seperti sekarang sudah ada tablet, computer, leptop, playstasion dll.
Nah, beginilah lagunya : Sore-sore padang bulan
Ayo konco podo dolananRene-rene bebarenganRame-rame e..do gegojegan

Kae-kae rembulaneYen disawang kok ngawe-aweKoyo-koyo ngelingakeKonco kabeh ojo turu sore-sore

Gethuk, asale soko teloMoto ngantuk, iku tambane opo?Ach ach.. halah getuk asale soko teloYen ra petuk atine rodo gelo

Jo ngono masojo-ojo ngonokadung janji masaku mengko gelo
Mari kembali ke topic semula tentang supermoon. Supermoon terjadi ketika bulan purnama dan jaraknya terdekat dengan bumi kita. Jaraknya adalah  356.577 km, terdekat sepanjang 20 tahun terakhir . Dalam peredaranya, jarak tersebut bulan berada dititik terdekat dengan planet kita ini. Berikut foto-foto supermoon di Indonesia dan di belahan dunia yang lain :
Supermoon

Supermoon

Supermoon

Supermoon

Supermoon yang saya potret dengan kamera sendiri

Supermoon


Penulis,
Indonesia 12 Agustus 2014

Ttd

Gunawan Budi Utomo (Mahasiswa P.Matematika UAD)
NB :  Mengharap Donatur, Agar Penulis Bisa lebih berkarya
Nomor Rekening Bank BRI
698701006599538





Description: FENOMENA SUPERMOON Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: FENOMENA SUPERMOON


Pengunjung Lain Juga Membaca:


Gali lebih banyak tentang FENOMENA SUPERMOON
0 Komentar untuk "FENOMENA SUPERMOON"
Back To Top