Pelajaran dan Tugas Sekolah

Tugas : Bahasa Indonesia 1 # (Peranan & Fungsi Bahasa Indonesia)


Artikel Terkait dengan Tugas : Bahasa Indonesia 1 # (Peranan & Fungsi Bahasa Indonesia)

Pengertian Bahasa,Peranan Bahasa & Fungsi Bahasa Indonesia

Pengertian Bahasa Indonesia

Pengertian Bahasa secara harfiah ialah lambang, Sedangkan secara sederhana ialah suatu media atau alat yang digunakan ketika kita ingin menyampaikan sesuatu yang tersirat dalam hati nurani. Sedangkan bahasa menurut para ahli :
  • Menurut Depdiknas, 2005: 3 Bahasa pada hakikatnya adalah  ucapan pikiran dan perasaan manusia secara teratur, yang menggunakan bunyi sebagai alatnya.
  • Menurut Harun Rasyid, Mansyur & Suratno, 2009: 126 Bahasa merupakan setruktur dan makna yang bebas dari penggunaan nya, sebagai tanda yang menyimpulkan satu tujuan
Setelah kita lihat dari dua pengertian  diatas maka bias kita ambil Pengertian Bahasa ialah system yang teratur berupa lambang-lambang bunyi yang digunakan untuk mengekspresikan perasaan dan pikiran bahasa tersebut


Sedangkan Bahasa Indonesia ialah bahasa yang digunakan di Negara Indonesia untuk tujuan tertentu dan konteks ini akan menentukan ragam bahasa di Indonesia untuk mencapai satu tujuan atau demi memhami antar bahasa daerah yang ada di Indonesia.

Peranan Bahasa Indoensia

Bahasa Indonesia berperan besar di Negara-nya sendiri yaitu di Indonesia, dan negar-negara lainnya pun memiliki bahasa-bahasa nya masing-masing. Karena di Negara Indonesia memiliki ragam bahasa yang banyak maka digunakan lah Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu bangsa, maksudnya sebagai pemersatu bangsa adalah semua orang dapat mengungkapkan hasil pemikirannya melalui Bahasa Indonesia itu sendiri. Mereka bebas bicara dan bebas berpendapat selama masih dalam kaidah-kaidah atau tata cara bahasa yang baik dan benar. Bahasa Indonesia sendiri memiliki komponen-komponen didalam nya antara lain :
  1. Baik dalam Tata cara Penulisan
  2. Baik dalam Tata cara penyampaian.
  3. Baik dalam Tata cara pengejaan EYD.
  4. Baik dalam Tata cara tanda baca nya.
Fungsi Bahasa Indonesia

Fungsi Bahaasa Indoensia secara umum adalah sebagai media komunakasi antar manusia lainnya. Baik itu digunakan dalam individu maupun kelompok masyarakat kecil dan besar. Aktivitas manusia dinilai keberhasilannya didalam masyarakat berdasarkan seberapa jauh manusia tersebut menguasai baasa setempat,mengapa bahasa setempat? Karena tidak sedikit Negara yang memiliki beragam bahasa daerah (setempat) yang lebih sering dan lebih dimengerti masyaratnya dibadingkan dengan bahasa ibu (bahasa dari Negara) nya itu sendiri. Contoh nya Indonesia,jika anda berjalan-jalan menuju daerah tertentu di Indonesia dengan kondisi pemukiman masyarat terpelosok maka mayoritas dari mereka akan lebih mengerti bahasa daerah (setempat) mereka dibandingkan bahas ibu (Indonesia).

Fungsi Bahasa secara umum digolongkan berdasarkan tujuan sebagai berikut :

1. Fungsi Praktis
Bahasa digunakan sebagai komunikasi dan dan interaktis antar anggota masyarakat dalam pergaulan hidup sehari-hari.
2. Fungsi Kultural
Bahasa digunakan sebagai alat untuk menyimpan, menyebarkan, mengembangkan Kebudayaan.
3. Fungsi Aristik
Bahasa digunakan sebagai alat untuk menyampaikan rasa estetis (keindahan) manusia melalui seni satra.
4. Fungsi Edukatif
Bhasa digunakan sebagai alat menyampaikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
5. Fungsi Politis
Bahasa digunakan sebagai alat mempusatkan bangsan dan untuk penyelenggaraan admitirasi pemerintahan.


Berdasaran poin-poin diatas fungsi bahasa disimpulkan sebagai berikut :

a. Bahasa sebagai alat komunikasi
Melaluli bahasa manusia dapat berhubungan dan berinteraksi dengan alam skitarnya, terutama sesama manusia sebagai mahluk sosial. Manusia dapat memikirkan, mengelola dan memperdaya segala potensi untuk kepentingan hidup umat manusia menuju kesejahteraan adil dan makmur.
Bahasa sebagai alat komunikasi di bagi menjadi dua yaitu melalui :
  1. Alat komunikasi Primer (Lisan) : alat komunikasi lisan maksudnya menggunakan percakapan yang dimengerti oleh manusia dengan manusia lainnya dalam menyampaikan informasi berdasarkan perasaan yang akan ia sampaikan.
  2. Alat komunikasi Sekunder (Tulisan) : tulisan ialah susunan dari symbol (huruf) yang dirangkai menjadi kata bermakna dan dituliskan.

b. Bahasa sebagai alat untuk menyatakan ekpresi diri
Sebagai alat ekspresi diri, bahasa merupakan sarana untuk mengungkapkan segala sesuatu yang ada didalam diri seseorang baik berbentuk perasaan, pikiran, gagasan, dan keinginan yang dimilikinya. Begitu juga digunakan untuk menyatakan diri dan menyatakan diri kepada seseorang.

c. Bahasa sebagai alat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan
Menurut Sunaryo (2000: 6), tanpa adanya bahasa (termasuk bahasa Indonesia) IPTEK tidak dapat tumbuh dan berkembang Selain itu bahasa (termasuk bahasa Indonesia) didalam struktur budaya, ternyata memiliki keududukan, fungsi dan peran ganda, yaitu sebagai akar dan produk budaya yang sekaligus berfungsi sebagai sarana berfikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan & teknologi.

Kesimpulan :
Fungsi Bahasa Indonesia berdasarkan fungsi bahasa yang diatas dapat disimpulkan, bahwa bahasa Indonesia dapat berkembang, dikembangkang, dan mengembangkan seluruh komponen dengan cara menyampaikan pendapat kepada manusia lainnya namun tidak melewari batas-batas dalam peranan bahasa Indonesia.

SUMUR : 

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan Komentar Saja,Karena Komentar Rekan-rekan membangun Laman ini.

Terimakasih telah membaca Thread/Postingan saya semoga bermanfaat Tunggu Kelanjutan Thread/Postingan saya selanjutnya.




Description: Tugas : Bahasa Indonesia 1 # (Peranan & Fungsi Bahasa Indonesia) Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Tugas : Bahasa Indonesia 1 # (Peranan & Fungsi Bahasa Indonesia)


Pengunjung Lain Juga Membaca:


Gali lebih banyak tentang Tugas : Bahasa Indonesia 1 # (Peranan & Fungsi Bahasa Indonesia)
0 Komentar untuk "Tugas : Bahasa Indonesia 1 # (Peranan & Fungsi Bahasa Indonesia)"
Back To Top