Pelajaran dan Tugas Sekolah

Tugas : Bahasa Indonesia 1 # (Keuinikan & Kelemahan)


Artikel Terkait dengan Tugas : Bahasa Indonesia 1 # (Keuinikan & Kelemahan)

Bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa atau alat komunikasi untuk menyampaikan sesutau terhadap lawan bicara. Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional atau bahasa ibu yang dimiliki oleh negara Indonesia.

Bahasa Indonesia Memiliki keunikan & kelemahan yang tak kita ketahui, maka dari itu saya akan menulisan postingan tentang keunikan & kelemahan dari Bahasa Indonesia.

Quote :
Q : Apa sih Bahasa Indonesia itu?
A : Bahasa yang dimiliki oleh negara Indonesia,yang merupakan bahasa ibu (Bahasa kesatuan).

Q : Adakah Keunikan dari Bahasa Indonesia tersebut?
A : Keuinikan bahasa indonesia cukup banyak. di kanca Nasional (Negara nya sendiri) maupun Interntional.

Q : Apa saja keunikan yang dimiliki oleh bahasa indonesia di kanca nasional?
A : Salah satu contoh nya ialah, bahasa indonesia memiliki keunikan dalam Huruf 'X'. saya paparkan sebagai berikut :

Tahukah anda bahwa huruf x itu ternyata memiliki sesuatu yang aneh di dalam bahasa kita.  Huruf x yang dilafalkan dengan kata éks ternyata dalam prakteknya tidak demikian adanya.  Semua kata yang berawalan huruf x memiliki lafal s daripada éks atau ks.  Hanya ada dua kata dalam kamus bahasa indonesia yang menggunakan lafal éks atau ks, yaitu kata X dan kata Xi.  Itu pun juga karena menjelaskan huruf x itu sendiri atau merupakan kata yang berasal dari bahasa asing (Bahasa Yunani).

Semua kata yang diawali huruf x selain dua kata di atas secara lafal dianggap sama dengan huruf s. Berikut di bawah ini adalah semua kata yang dimulai dengan huruf x beserta lafalnya :

x = éks
xantat = santat
xantena = santéna
xantofil = santofil
xenia = sénia
xenofili = sénofili
xenofobia = sénofobia
xenoglosia = sénoglosia
xenograf = sénograf
xenokrasi = sénokrasi
xenolit = sénolit
xenomania = sénomania
xenon = sénon
xerofil = sérofil
xerofit =sérofit
xeroftalmia = séroftalmia
xerografi = sérografi
xerosis = sérosis
xi = ksi

Maksud atau arti dari é adalah suatu lafal huruf e.  Ada dua lafal huruf e, yaitu é dan e.  Contoh lafal e yang é contohnya seperti pada kata baret, sate, lewat, dan lain-lain.

Q : Apa saja keunikan yang dimiliki oleh bahasa indonesia di kanca nasional?
A : Untuk kanca International saya akan contoh kan satu keunikan saja, antara lain :

Dijadikan Bahasa Resmi Ke-2 di Vietnam

Pemerintah Daerah Ho Chi Minh City, Vietnam, mengumumkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua secara resmi pada bulan Desember 2007, kata seorang diplomat Indonesia.

"Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Inggris, Prancis dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan," kata Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City untuk periode 2007-2008, Irdamis Ahmad di Jakarta pada Jumat.

Guna mengembangkan dan memperlancar studi Bahasa Indonesia, pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia di kota itu membantu berbagai sarana yang diperlukan beberapa universitas, kata Irdamis.

Sarana yang dibantu antara lain peralatan komputer, alat peraga, bantuan dosen dan bantuan keuangan bagi setiap kegiatan yang berkaitan dengan upaya promosi Bahasa Indonesia di wilayah kerja universitas masing-masing.

Perguruan tinggi itu juga mengadakan lomba pidato dalam Bahasa Indonesia, lomba esei tentang Indonesia dan pameran kebudayaan. Universitas Hong Bang, Universitas Nasional HCMC dan Universitas Sosial dan Humaniora membuka studi Bahasa Indonesia.

"Jumlah mahasiswa yang terdaftar sampai Nopember 2008 sebanyak 63 orang dan menurut universitas-universitas itu, minat untuk mempelajari Bahasa Indonesia cenderung meningkat," kata Irdamis.

Ia berpendapat sebagian pemuda Vietnam melihat adanya keperluan untuk mempelajari Bahasa Indonesia, mengingat kemungkinan meningkatnya hubungan bilateral kedua negara yang berpenduduk terbesar di ASEAN di masa depan.

2. Bahasa Indonesia dipelajari lebih dari 45 Negara di dunia 
Walaupun yang paling efektif merubah citra adalah merubah realitas, namun peran budaya dan bahasa Indonesia dalam diplomasi sangat krusial. Tingginya minat orang asing belajar bahasa dan budaya Indonesia harus disambut positif. Kalau perlu Indonesia menambah Pusat Kebudayaan Indonesia di sejumlah negara, guna membangun saling pengertian dan perbaiki citra . 

Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri Andri Hadi mengemukakan hal itu ketika tampil pada pleno Kongres IX Bahasa Indonesia, yang membahas Bahasa Indonesia sebagai Media Diplomasi dalam Membangun Citra Indonesia di Dunia Internasional, Rabu (29/10) di Jakarta.

"Saat ini ada 45 negara yang ada mengajarkan bahasa Indonesia, seperti Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya," katanya. Mengambil contoh Australia, Andri Hadi menjelaskan, di Australia bahasa Indonesia menjadi bahasa populer keempat. Ada sekitar 500 sekolah mengajarkan bahasa Indonesia. Bahkan, anak-anak kelas 6 sekolah dasar ada yang bisa berbahasa Indonesia.

Untuk kepentingan diplomasi dan menambah pengetahuan orang asing tentang bahasa Indonesia, menurut Dirjen Informasi dan Diplomasi Deplu ini, modul-modul bahasa Indonesia di internet perlu diadakan, sehingga orang bisa mengakses di mana saja dan kapan saja.

Di samping itu, keberadaan Pusat Kebudayaan Indonesia di sejumlah negara sangat membantu dan penting. Negara-negara asing gencar membangun pusat kebudayaannya, seperti China yang dalam tempo 2 tahun membangun lebih 100 pusat kebudayaan. Sedangkan bagi Indonesia untuk menambah dan membangun Pusat Kebudayaan terkendala anggaran dan sumber daya manusia yang andal.

Dalam sesi pleno sebelumnya, Kepala Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Dendy Sugono yang berbicara tentang Politik Kebahasaan di Indonesia untuk Membentuk Insan Indonesia yang Cerdas Kompetitif di atas Fondasi Peradaban Bangsa, mengatakan, tuntutan dunia kerja masa depan memerlukan insan yang cerdas, kreatif/inovatif, dan berdaya saing, baik lokal, nasional, maupun global.

Untuk memenuhi keperluan itu, sangat diperlukan keseimbangan penguasaan bahasa ibu (bahasa daerah), bahasa Indonesia, dan bahasa asing untuk mereka yang berdaya saing global, tandasnya.

Dendy Sugono melukiskan, kebutuhan insan Indonesia cerdas kompetitif itu, untuk lo kal meliputi kecerdasan spiritual, keterampilan, dan bahasa daerah . Untuk kebutuhan nasional meliputi kecerdasan emosional, kecakapan, dan bahasa Indonesia. Sedangkan untuk global dibutuhkan kecerdasan intelektual, keunggulan, dan bahasa asing.

Q : Berarti kita (Warga Negara Indonesia) seharus nya bangga karena telah memiliki bahasa indonesia?
A : Tentu saja

Q : Bagai mana cara kita melestarikan bahasa indonesia?
A : Dengan cara mempelajarinya dengan baik dan benar, membiasakan diri menggunakan bahasa yang baik dan benar berdasarkan EYD di tempat formal maupun nonformal. kurangi mencampur adukan bahasa lokal(daerah),gaul(brohh),4l4y(miapah), ketika berkomunikasi.

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan mengenai keunikan bahasa indinesia. selanjut nya akan saya paparkan mengenai kelemahan dari Bahasa Indonesia.

Kelemahan Bahasa Indonesia :

Bahasa Indonesia juga memiliki beberapa kelemahan antara lain sebagai berikut :
  • Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang susah-susah gampang untuk dipelajari oleh negara lain, namun kesulitan dari mempelajari bahasa indonesia ialah : terlalu banyak kosakata yang digunakan. contoh : Is / Are (dalam bahasa inggris) = Adalah, Merupakan, Ialah (dalam bahasa indonesia). kalimat manakah yang akan digunakan (membuat bingung bagi negara-negara dengan kosakata sedikit.
  • Banyaknya aturan-aturan dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar, baik dalam berbicara maupun penulisan. Misalnya, di dalam Bahasa Indonesia kita mengenal adanya EYD (Ejaan yang Disempurnakan), penulisan kata dan kalimat baku, penggunaan kalimat majemuk, dan sebagainya.
  • Adanya ungkapan-ungkapan atau sering disebut peribahasa yang sering digunakan dalam Bahasa Indonesia, sehingga kita harus memahami apa arti ungkapan tersebut. Contoh:meja hijau = persidangan, besar kepala = sombong, tangan kanan = orang kepercayaan, dsb.
Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan Komentar Saja,Karena Komentar Rekan-rekan membangun Laman ini.

Terimakasih telah membaca Thread/Postingan saya semoga bermanfaat Tunggu Kelanjutan Thread/Postingan saya selanjutnya.

 PEMBACA YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN JEJAK.

Sumur :
 http://luthfiradovic.blogspot.com/2013/05/keunikan-dan-kelebihan-bahasa-indonesia.html
http://www.kaskus.co.id/thread/5180eab0532acf9412000003/bangga--keunikan-dan-kelebihan-bahasa-indonesia-di-mata-dunia-data-2013




Description: Tugas : Bahasa Indonesia 1 # (Keuinikan & Kelemahan) Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Tugas : Bahasa Indonesia 1 # (Keuinikan & Kelemahan)


Pengunjung Lain Juga Membaca:


Gali lebih banyak tentang Tugas : Bahasa Indonesia 1 # (Keuinikan & Kelemahan)
0 Komentar untuk "Tugas : Bahasa Indonesia 1 # (Keuinikan & Kelemahan)"
Back To Top