Pelajaran dan Tugas Sekolah

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan


Artikel Terkait dengan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, antara lain faktor genetik, hormon, oksigen, air dan nutrisi, pH, kelembapan, suhu, dan cahaya.
1. Faktor genetik
Faktor genetik ada di dalam gen. Gen ada pada kromosom di dalam inti sel. Gen mempengaruhi bentuk dan ukuran tubuh tumbuhan. Hal ini karena fungsi gen adalah untuk mengatur sintesis enzim untuk mengontrol proses kimia di dalam sel. Proses kimia di dalam sel ini yang menjadi penyebab dari pertumbuhan dan perkembangan tubuh tumbuhan.
2. Faktor hormon
Hormon merupakan senyawa organik pada tumbuhan yang dapat menyebabkan respons fisiologi pada tumbuhan. Hormon tumbuhan ada bermacam-macam, namun ada 5 hormon yang sangat penting, antara lain auksin, sitokinin, giberelin, gas etilen, dan asam absisat.
3. Faktor nutrisi dan air
Tumbuhan memerlukan nutrisi dan air untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Nutrisi ini harus tersedia  dalam jumlah yang cukup dan seimbang. Tumbuhan memperoleh nutrisi dari udara dan dalam tanah.
Unsur-unsur yang diperlukan oleh tumbuhan digolongkan menjadi duanjenis, yaitu zat-zat anorganik dan zat-zat organik. Zat-zat anorganik seperti Fe (besi), Mg (magnesium), K (kalium), dan Ca (kalsium), sedangkan zat-zat organik seperti C (karbon), H (hidrogen), O (oksigen), dan N (nitrogen).
Pertumbuhan tanaman dapat terganggu bila salah satu unsur yang diperlukan tidak tercukupi. Contohnya, kekurangan unsur nitrogen dan fosfor dan tamana dapat membuat tanaman menjadi berukuran kerdil. Kekurangan kalsium dan magnesium dapat mengakibatkan tanaman mengalami klorosis (daun berwarna pucat).
4. Faktor cahaya
Cahaya dibutuhan oleh tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis. Proses ini menghasilkan zat makanan yang dibutuhkan oleh tumbuhan untuk pertumbuhannya dan disimpan sebagai cadangan makanan yang dapat dikonsumsi oleh manusia dan hewan.
Efek cahaya membuat kerja enzim meningkat guna memproduksi zat metabolik untuk pembentukan klorofil. Sedangkan, pada proses fotosintesis, intensitas cahaya berpengaruh terhadap laju fotosintesis ketika berlangsung reaksi terang.
BSE Alam sekitar IPA TERPADU untuk SMP/MTs kelas VIII, Diana Puspita Iip Rohima

Referensi ini merupakan BSE untuk SMP kelas 8



Description: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan


Pengunjung Lain Juga Membaca:


Gali lebih banyak tentang Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan
0 Komentar untuk "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan"
Back To Top