Pelajaran dan Tugas Sekolah

Gunung Tertinggi di Dunia

Himalayas juga disebut Himalaya, secara harfiah berarti “tempat tinggal salju” adalah  sebuah barisan pegunungan di Asia, yang memisahkan anak benua India dari Dataran Tibet. Dalam bahasa Sanskerta (dari hima “salju”, dan aalaya “tempat kediaman”).
Pemandangan Himalaya
Pegunungan Himalaya memiliki lebih dari seratus gunung
Disepanjang Himalaya memanjang lima negara yaitu Pakistan, India, China, Bhutan dan Nepal. Himalaya merupakan sumber dua sistem sungai besar dunia yaitu Sungai Indus dan Sungai Gangga-Brahmaputra. Sekitar 750 juta orang tinggal di daerah sekitar aliran air dari Himalaya, yang termasuk Bangladesh.
Gunung Everest adalah puncak gunung tertinggi di dunia dari atas permukaan laut. Pegunungan Himalaya memiliki lebih dari seratus gunung yang tingginya melebihi 7.200 meter (23.600 kaki).
Rentang Pegunungan Himalaya adalah wilayah bagi beberapa puncak gunung tertinggi di planet bumi, termasuk yang tertinggi. Perbandingan dengan puncak tertinggi di luar Asia yaitu Gunung Aconcagua, di pegunungan Andes dengan kisaran sekitar 6.961 meter (22.838 kaki) di atas permukaan laut.

Gunung Everest

Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia, dengan puncak pada 8.848 meter (29.029 kaki) di atas permukaan laut dan gunung tertinggi ke-5 jika diukur dari pusat bumi. Gunung Everest terletak di bagian Mahalangur dari Himalaya.
Puncak Everest
Peta rute Gunung Everest
Perbatasan internasional antara Cina dan Nepal berjalan di titik puncak yang tepat. Ketinggian tersebut termasuk tetangga puncak gunung Lhotse, 8.516 m (27.940 kaki), Nuptse, 7.855 m (25.771 kaki) dan Changtse, 7.580 m (24.870 kaki).
Gunung Everest menarik minat pendaki gunung yang sangat berpengalaman serta pendaki yang mampu dan bersedia menyewa pemandu profesional. Sementara hal yang penting dari mendaki adalah tantangan teknis pada rute standar, Everest menyajikan banyak tantangan seperti ketinggian, cuaca dan angin.
Puncak Everest adalah titik di mana permukaan bumi mencapai jarak tertinggi di atas permukaan laut. Beberapa gunung-gunung lainnya kadang-kadang diklaim sebagai alternatif “gunung tertinggi di bumi”.

Gunung Mauna Kea

Gunung Mauna Kea di Hawaii adalah tertinggi jika diukur dari alasnya (dasarnya), bahkan lebih dari 10.200 m (6,3 mil) bila diukur dari alasnya di dasar laut, tetapi hanya mencapai 4.205 m (13.796 kaki) di atas permukaan laut.
Gunung Mauna Kea di hawaii
Gunung Mauna Kea dari kejauhan
Mauna Kea adalah sebuah gunung berapi di pulau Hawaii. puncaknya adalah titik tertinggi di negara bagian AS, Hawaii. Namun, banyak dari tingginya Mauna Kea di bawah permukaan laut.
Ketika diukur dari dasar samudranya, puncaknya adalah 10.200 m (33.500 kaki), dua kali lebih tinggi dari Gunung Everest (jika menurut ketinggian gunung).
Mauna Kea berumur sekitar satu juta tahun, dan telah melewati tahap perisai paling aktif ratusan ribu tahun yang lalu. Mauna Kea terakhir meletus 4.600 tahun yang lalu. Menurut USGS, pada Januari 2012, Tingkat Vulkanik-Alert adalah “normal”.

Gunung Chimborazo

Puncak Chimborazo di Ekuador adalah 2.168 m (7.113 kaki) lebih jauh dari pusat bumi (6,384.4 km (3,967.1 mil)) dibandingkan dengan Puncak Gunung Everest (6,382.3 km (3,965.8 mil)) dari pusat bumi.
Gunung Chimborazo di Ekuador
Gunung Chimborazo memiliki puncak ketinggian 6.268 m
Bumi seperti tonjolan di Khatulistiwa. Walaupun Chimborazo memiliki puncak ketinggian 6.268 m (20,564.3 kaki) di atas permukaan laut dibandingkan Gunung Everest 8.848 m (29,028.9 kaki).
Chimborazo adalah stratovolcano aktif saat ini terletak di kisaran Occidental the Cordillera dari Wilayah Pegunungan Andes. Terakhir letusan diketahui diyakini telah terjadi sekitar 550 AD.
Dengan puncak ketinggian 6.268 meter (20.564 kaki) dari atas permukaan laut, Chimborazo adalah gunung tertinggi di Ekuador. Ini adalah puncak tertinggi di dekat khatulistiwa.
Sementara Chimborazo bukanlah gunung tertinggi oleh ketinggian di atas permukaan laut, lokasi di sepanjang tonjolan khatulistiwa membuat titik puncaknya tertinggi di permukaan bumi dari pusat bumi.

BACA SELENGKAPNYA...


Mirip dengan Gunung Tertinggi di Dunia :


0 Komentar untuk "Gunung Tertinggi di Dunia"
Back To Top