Pelajaran dan Tugas Sekolah

Kunci Jawaban UN Tetap Dirahasiakan Pasca UN


Artikel Terkait dengan Kunci Jawaban UN Tetap Dirahasiakan Pasca UN

Kemendikbud tetap besikeras tidak akan merilis kunci jawaban UN meski ujian nasional telah selesai dilaksanakan. Kemendikbud menolak permintaan ICW (Indonesian Corruption Watch) untuk membuka kunci jawaban ujian nasional kepada publik setelah berlangsunya UN.
Mendikbud, Mohammad Nuh, menerangkan bahwa mengacu pada UU kearsipan, kunci jawaban ujian nasional yang merupakan bagian dari dokumen negara yang perlu dirahasiakan ini tak dapat dibagi kepada publik kendati UN telah selesai dilaksanakan.
Sementara itu, untuk bimbingan belajar (bimbel) yang mempunyai kunci jawaban UN pasca pelaksanaan UN berakhir, hal itu bukan berasal dari pihak kementerian. Di samping itu, bimbel juga tak terikat dengan UU Arsip yang mengatur perlidungan terhadap dokumen rahasia negara tersebut.
Memang biasanya setelah UN selesai dilaksanakan, bimbel akan merilis kunci jawaban UN yang katanya tepat 100%. Tetapi, biasanya kunci jawaban itu sebenarnya didapatkan bimbel sesudah pakar yang ada pada di bimbel tersebut melakukan pembahasan soal UN sehingga sumbernya bukan dari pusat pembuatan langsung.
Seperti diketahui bahwa ICW dengan Kemendikbud telah menjalani sidang ajudikasi pertama berkaitan dengan adanya sengketa kunci jawaban UN yang dilakkan oleh KIP (Komisi Informasi Pusat). Sidang waktu itu masih belum ada titik temu sehingga dapat berlanjut hingga April nanti.

referensi: edukasi.kompas.com (27 Maret 2013)



Description: Kunci Jawaban UN Tetap Dirahasiakan Pasca UN Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Kunci Jawaban UN Tetap Dirahasiakan Pasca UN


Pengunjung Lain Juga Membaca:


Gali lebih banyak tentang Kunci Jawaban UN Tetap Dirahasiakan Pasca UN
0 Komentar untuk "Kunci Jawaban UN Tetap Dirahasiakan Pasca UN"
Back To Top