Pelajaran dan Tugas Sekolah

Teks Eksposisi Tentang Fenomena Alam


Artikel Terkait dengan Teks Eksposisi Tentang Fenomena Alam

Teks eksposisi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat, dan padat. Tulisan eksposisi dapat kita jumpai dalam berita di koran dan leaflet petunjuk penggunaan produk tertentu.
Dalam menyusun sebuah teks atau paragraf eksposisi, ada beberapa urutan analisis yang bisa dilakukan, yaitu:
  • Urutan kronologis atau proses, memberi penjelasan tentang bekerjanya sesuatu atau terjadinya suatu peristiwa
  • Urutan fungsional
  • Urutan atau analisis sebab akibat
  • Analisis perbandingan
Untuk mulai menyusun karangan eksposisi, langkah-langkah yang harus ditempuh adalah sebagai berikut:
  • Menentukan tema
  • Menentukan tujuan karangan
  • Memilih data yang sesuai dengan tema
  • Membuat kerangka karangan
  • Mengembangkan kerangka menjadi karangan

Contoh Teks Eksposisi Tentang Fenomena Alam

Nah, berikut kami sajikan contoh teks eksposisi tentang fenomena alam berupa gunung meletus:
Status Gunung Sinabung Tetap Siaga
Meski Gunung Sinabung kembali erupsi, status gunung yang terletak di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara itu tetap Siaga (Level III). Tidak naiknya status gunung karena berdasarkan data dari pos pengamatan.
Data menunjukkan guguran awan panas sejak September hingga Oktober 2014 terjadi 7-23 per hari. Sedangkan Januari dan Februari 2014 lalu erupsi bisa mencapai 80 kali per hari diiringi dengan gempa hybrid dan tremor.
Jika pembentukan kubah lava tidak stabil seperti pada Januari dan Februari 2014, maka status gunung setinggi 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu akan diubah.
Sebanyak 3 desa direkomendasikan untuk direlokasi. Ketiga desa itu adalah Suka Meriah di Kecamatan Payung, Bekerah dan Simacem di Kecamatan Naman Teran. Desa tersebut berada di radius 3 kilometer dari kawah Sinabung.
Sedangkan 4 desa lainnya, Desa Guru Kinayan, Kutatonggal, Berastepu, dan Desa Gamber warganya tetap diungsikan karena wilayah itu memang berada di luar radius 3 kilometer tetapi berada tepat di bukaan kawah sehingga berpotensi terkena gururan lava dan luncuran awan panas.
Gunung Sinabung sudah erupsi selama 1 tahun dan terkadang masih mengeluarkan lava pijar. Sampai saat ini, 3.287 ribu warga mengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung.




Description: Teks Eksposisi Tentang Fenomena Alam Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Teks Eksposisi Tentang Fenomena Alam


Pengunjung Lain Juga Membaca:


Gali lebih banyak tentang Teks Eksposisi Tentang Fenomena Alam
0 Komentar untuk "Teks Eksposisi Tentang Fenomena Alam"
Back To Top