Pelajaran dan Tugas Sekolah

Pembawa Acara Pada Hari Raya Idul Adha


Artikel Terkait dengan Pembawa Acara Pada Hari Raya Idul Adha

Idul Adha adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim (Abraham), yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, akan mengorbankan putranya Ismail, kemudian digantikan oleh-Nya dengan domba.

Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Iedbersama-sama di tanah lapang, seperti ketika merayakan Idul Fitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepadaNabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam.

Pusat perayaan Idul Adha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernamaMina, dekat Mekkah. Di sini ada tiga tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang naik Haji.

Hari Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Idul Adha disebut pula sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji. Berikut materi mengenai Pembawa Acara Pada Hari Raya Idul Adha

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bapak KH. epidato yang kami hormati
Bapak kepala desa beserta staf yang kami hormati ,
ketua remaja masjid serta rekan-rekan semuanya yang barbahagia.

Dengan memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan nikmat berupa iman islam, sehingga dengan nikmat itu kita semua dapat menghadiri ceramah agama Islam yang diadakan oleh Remaja masjld desa dalam rangka menyambut malam hari Raya idul Adha.

Selanjutnya sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, karena beliau telah menjadi uswatun hasanah (panutan yang paling utama) dalam segala bidang dan aspek kehidupan.

Hadirin sekalian yang berbahagia

Malam ini adalah malam Idul Adha, dimana saja ummat Islam dipenjuru duniá, selalu mengagungkan asma Allah, Allahu Akbar, disana sini telah dikumandangkan kalimattanl, tahmid dan tasbih. Pada hari raya Idul Adha ini kita ingat akan sejarah yang pernah dialami oleh Nabi lbrahim beserta putranya lsmaiI, dimana Nabí Ibrahim diuji keimananya oieh Tuhan berupa menyembeiih putra satu-satunya dan kesayangannya yang bernama Ismail, namun ujian Tuhan itu dihadapi oleh Nabí Ibra him dengan sabar, tawakal dan menyerah kepada. Tuhan, karena dia mempunyai ¡‘tihad bahwa perintah itu datangnya dan Tuhan, dan perintah yang datangnya dari tuhan itu harus, dipatuhi, sekalipun pahit dan getir rasanya.

Hadirin sekalian yang berbahagia

Dalam rangka memeriahkan malam Idul Adha, maka remaja masjid mengadakan ceramah agama yang insya Allah nanti akan di isi/disampaikan oleh Ustadz epidato dari Banten. Untuk menyingkat waktu, maka kami bacakan susunan acara yang berlangsung pada hari ini

1. Pembukaan yang sudah kami buka.
2. Pembacaan ayat-ayat sud Al-Qur’an..
3. Sambutan-sambutan.

Sambutan pertama akan disampaikan oleh ketua panitia.
Sambutan kedua akan disampaikan oleh ketua remas.
Sambufan ketiga akan disampikan ketua ta’mir. .
4. Ceramah Agama.
5. Istirahat.
6 Doa
7. Penutup.

Demikian jadwal susunan acara yang berlaku pada malam ini. Nah, untuk menginjak acara kedua yang berupa pembacaan ayat ayat suci AI-Qur’an, tertebih dahulu kami himbau kepada para hadirin unruk mendengarkannya dengan penuh khidmat, agar kita memperoleh syafa’atnya. Pembacaanya ayat-ayat suci AI-Qur’an pada malam ini akan di sampaikan oleh adik epidato. Kepadanya dipersilahkan. PEMBACAAN AYAT-AYAT SUCI AL-QUR’AN.

Terimakasih kami ucapkan kepada saudara epidato, selaku ketua panitia. Selanjutnya sambutan yang kedua akan disampikan oleh ketua Remas, dalam hal ini akan disampaikan oleh saudara epidato, kepadanya dipersilahkan. KETUA REMAS. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepadanya, selanjutnya sambutan yang terakhir, yaitu dari ketua tamir masjid, dalam hal ini akan disampaikan oleh Bapak epidato MS. kepadanya dipersilahkan. SAMBUTAN DARI KETUA TAKMIR MASJID. Terimakasih kami sampaikan kepada bapak epidato selaku ketua ta’mir masjid, semoga apa yang di utarakan tadi bermanfaat bagi kita semua.

Menginjak acara yang keempat yaitu ceramah agama. Ceramah agama pada malam ini akan disampaikan oleh yang terhormat Bapak, KH. epidato dari Banten. Kepadanya dipersilahkan CERAMAM AGAMA. Demikianlah ceramah agama yang baru saja kita dengarkan, mudah-mucahan apa ýang beliau sampaikan tadi bermanfaat bagi kita semua, dan semoga kita semua dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Amin ya Robbal ‘alamin.

Hadirin sekalian yang kami hormati,

Acara selanjutnya adalah pembacaan do’a, yang akan dpimpin oleh KH. epidato, kepadanya dipersilahkan PEMBACAAN DO’A. Demikianlah pembacaan dó’a yang telah disampaikan oleh KH.epidato semoga do’a yang dibaca tadi dikabulkan oleh Allah SWT, Amin ya Robbal ‘alamin.

Acara selanjutnya adalah penutup. Sebelum acara ini kami tutup, kami selaku pembawa acara pada malam ini apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dihati para undangan sekalian dan tìngkah laku yang kurang sopan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan marilah kita tutup, acara pada malam ini dengan bacaan hamdalah, ALHAMDULLILAH.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Description: Pembawa Acara Pada Hari Raya Idul Adha Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Pembawa Acara Pada Hari Raya Idul Adha


Pengunjung Lain Juga Membaca:


Gali lebih banyak tentang Pembawa Acara Pada Hari Raya Idul Adha
Back To Top