Pelajaran dan Tugas Sekolah

Pengertian Homonim, Homofon, dan Homograf


Artikel Terkait dengan Pengertian Homonim, Homofon, dan Homograf

Selain antonim dan sinonim, dalam bahasa Indonesia dikenal pula istilah homonim, homofon, dan homograf. Apa saja pengertiannya? Berikut ini adalah pengertian homonin, homofon, dan homograf.


1. Homonim
Homonim yaitu kata yang memiliki arti yang berbeda akan tetapi lafal atau ejaannya sama. Bila yang sama adalah lafalnya, maka disebut dengan istilah homograf. Jika ejaannya yang sama, maka disebut dengan istilah homofon.


2. Homofon
Homofon yaitu kata yang apabila diucapkan, maka sama dengan kata lainnya tetapi berbeda dari segi makna. Contoh homofon adalah “massa” (pada perkataan media massa) dan “masa” (waktu). Dalam hal penyebutan, perkataan kedua kata tersebut sama, tetapi memiliki arti yang berbeda, atau merujuk pada hal yang tidak serupa.


3. Homograf
Homograf merupakan kata yang mempunyai ejaan sama dengan kata yang lainnya, tetapi berbeda dari segi makna dan pelafalannya. Contoh homograf dalam bahasa Indonesia adalah “apel” yang bisa berarti buah atau berkumpul.


Description: Pengertian Homonim, Homofon, dan Homograf Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Pengertian Homonim, Homofon, dan Homograf


Pengunjung Lain Juga Membaca:


Gali lebih banyak tentang Pengertian Homonim, Homofon, dan Homograf
Back To Top