Pelajaran dan Tugas Sekolah

Pidato Memperingati Hari Pahlawan


Artikel Terkait dengan Pidato Memperingati Hari Pahlawan

Pidato Memperingati Hari Pahlawan Part 1

Assalamualaikum, wr. wb

Salam sejahtera bagi kita semua, semoga Tuhan selalu melimpahkan berkat-Nya kepada kita semua.

Kepada Ibu Kepala Sekolah yang saya hormati,

Kepada Bapak dan Ibu guru yang saya hormati,

Serta teman-teman sekalian yang saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berkat dan rahmat-Nya kita dapat memperingati hari pahlawan. Hari pahlawan adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, pada kesempatan ini marilah kita bersama-sama menengok kembali sejarah perjuangan bangsa kita.

Apakah kalian semua tahu, Kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini adalah hasil perjuangan rakyat Indonesia. Mereka berjuang melawan penjajah dengan semangat rela berkorban yang tinggi. Mereka mempertaruhkan nyawa dan harta demi kemerdekaan bangsa kita. Sungguh luar biasa! Mereka berjuang tanpa pamrih. Beruntunglah kita, pemerintah menetapkan tanggal 10 November sebagai hari pahlawan. Kita diberi kesempatan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa.

Kemerdekaan bangsa ini tercapai karena rakyat Indonesia mempunyai semangat perjuangan yang tinggi. Tanpa semangat perjuangan yang tinggi, kita yakin kemerdekaan bangsa ini tidak akan tercapai. Selamanya rakyat Indonesia akan hidup dibawah penindasan penjajah. Para penjajah negeri kita bermaksud menguasai pemerintahan dan mengeruk kekayaan bangsa ini. Berbagai cara mereka lakukan. Para penjajah itu memaksa rakyat Indonesia bekerja lewat kerja rodi dan romusa. Tanpa upah mereka harus bekerja keras. Bahkan, tanpa makan yang cukup. Oleh karena itu, banyak rakyat Indonesia yang meninggal pada saat kerja rodi dan romusa.

Para hadirin!

Semangat rela berkorban para pejuang kita yang begitu besar itu patut kita teladani. Kita harus bersyukur kepada Tuhan. Kita dapat menghirup udara kemerdekaan. Berkat para pejuanglah, negara ini terbebes dari penjajahan. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa berdoa agar arwah mereka diterima di sisi Tuhan.

Para hadirin sekalian! Marilah kita pekikkan ‘SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA”. Semoga bangsa ini tetap dikaruniai kemerdekaan dan persatuan. Kita semua selalu di bawah lindungan-nya. Amin.

Sekian pidato dari saya, apabila ada kesalahan ucapan atau apapun mohon dimaafkan.

Terima Kasih

Wassalamuallaikum Wr. Wb

Pidato Memperingati Hari Pahlawan Part 2

Selamat pagi Bapak/Ibu Guru dan teman-teman sekalian.

Puji syukur saya ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berat dan rahmatNya kita dapat berkumpul di ruangan ini, saya juga mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Untuk kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato tentang hari pahlawan.

Setiap tahun kita memperingati Hari Pahlawan tanggal 10 November. Ini adalah refleksi negara kita dalam menghargai sejarah masyarakat Indonesia dalam memperjuangkan melawan penjajahan. Tanpa sikap kepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme maka mustahil bagi kita untuk membuat negara kita bertahan hidup.

Teman-teman sekalian

Pahlawan merupakan sosok figur yang selalu di banggakan masyarakat. Mereka yang dianggap pahlawan adalah mereka yang telah berjuang demi kepentingan masyarakat banyak. Sosok keteladanan mereka dapat membekas di dalam hidup seseorang seumur hidupnya. Generasi muda saat ini sudah sangat kehilangan sosok kepahlawanan. Mereka sudah tidak lagi mengerti dan mengenal nilai-nilai kepahlawanan. Generasi sekarang lebih cenderung bersifat induvidualis tanpa mementingkan kepentingan orang lain ataupun sesamanya.

Hal yang sangat berharga dalam kepahlawanan adalah persatuan dalam solidaritasnya. Para pahlawan bersatu dari berbagai macam golongan, bersama-sama berjuang untuk mencapai cita-cita merdeka. Marilah kita lihat perjuangan di saat masa-masa kemerdekaan, para pahlawan banyak sekali yang kekurangan pangan, sandang bahkan papan. Namun masyarakat di kala itu lebih saling tolong menolong. Mereka yang kuat membantu yang lemah. Tidak ada pertentangan agama ataupun kesukuan. Di saat itu mereka semua bersatu padu melawan penjajah.

Teman-teman sekalian

Hal lain yang patut di tiru dari pahlawan adalah perjuangannya. Mereka berjuang bertahun-tahun untuk mencapai cita-cita mereka. Hal ini merupakan panutan yang baik bagi generasi muda agar mereka tangguh seperti pahlawan. Mereka mau belajar untuk mecapai cita-cita mereka. Para pahlawan tidak hanya mencucurkan keringat tetapi juga dengan segenap jiwa mereka untuk kemerdekaan Indonesia. Namun mereka tetap teguh berjuang membela negara dan mempertahankan prinsip mereka.

Sudah saatnya generasi muda di kenalkan kembali kepada nilai-nilai kepahlawanan yang sudah mulai luntur dan tidak berarti lagi. Dengan mengenal para pahlawan maka kita pun akan di ajarkan untuk membangun kembali sikap kepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme. Lihatlah mereka yang telah berhasil, mereka telah menunjukkan bahwa cita-cita mereka bukanlah hal yang mustahil.

Sekian pidato saya, mohon maaf jika ada salah-salah kata dan terima kasih.

Wassalamuallaikum Wr. Wb

Pidato Memperingati Hari Pahlawan Part 3

Assalamuallaikum Wr. Wb.

Yth. Kepala Sekolah ……………………

Yang saya hormati Guru dan Staff ……………..

Teman – teman yang saya banggakan

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat karunia-Nya kita dapat dipertemukan disini dalam keadaan sehat walafiat. Shalawat serta salam kita curahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, yang kita tunggu syafaatnya di yaumul akhir kelak.

Hadirin yang berbahagia,

Tanggal 10 November 68 tahun silam telah terjadi peristiwa yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. 68 tahun silam para pahlawan bangsa berjuang mempertahankan kemerdekaan dari agresi militer Belanda. Pada saat itu Belanda berkeinginan untuk dapat kembali menguasai NKRI. Di kota Surabaya pertumpahan darah tidak dapat terelakan lagi. Pada masa itu pahlawan bangsa yang hanya bersenjatakan bambu runcing dan senapan konvensional, harus melawan tentara Belanda dengan persenjataan dan taktik perang yang lebih modern.

Dibawah kepemimpinan Bung Tomo, para pahlawan bangsa terus memekikkan gema kemerdekaan. “Merdeka, Merdeka, Merdeka”. Semangat inilah yang menjadi senjata muthakir untuk mengusir penjajah dari bumi pertiwi ini. Semangat rela berkorban, tanpa pamrih, dan keberanian para pahlawan telah memproteksi diri mereka dari rasa keputus asaan. Mereka hanya yakin pada satu hal, yaitu jihad mereka akan diijabah oleh Allah SWT. Pada akhirnya semangat, keberanian, dan keyakinan mereka berhasil mengantarkan mereka pada sebuah kemenangan. Pasukan Belanda luluhlantak oleh semangat para pahlawan dan pasukan Belanda harus meninggalkan bumi pertiwi ini.

Hadirin yang berbahagia,

Semangat dan keberanian para pahlawan haruslah kita teladani. Keduanya harus menjadi sinergi, berjalan selaras untuk meneruskan perjuangan para pahlawan mencapai cita – cita bangsa, yaitu Indonesia yang lebih baik kedepannya. Kita sebagai generasi penerus harus senantiasa mendoakan arwah para pahlawan agar diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa. Semoga bangsa ini senantiasa dalam lindungan-Nya, tetap dikaruniai kemerdekaan dan persatuan. amiin. “sekali merdeka! tetap merdeka!”

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, apabila ada kekurangan saya mohon maaf.

Wassalamuallaikum Wr. Wb


Description: Pidato Memperingati Hari Pahlawan Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Pidato Memperingati Hari Pahlawan


Pengunjung Lain Juga Membaca:


Gali lebih banyak tentang Pidato Memperingati Hari Pahlawan
Back To Top