Pelajaran dan Tugas Sekolah

Pidato Memperingati Hari Pendidikan Nasional


Artikel Terkait dengan Pidato Memperingati Hari Pendidikan Nasional

Hari Pendidikan Nasional, disingkat HARDIKNAS, adalah hari yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa, diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya

Pidato Memperingati Hari Pendidikan Nasional Part 1

Assalamualaikum Wr. Wb

Yth. Kepala Sekolah …………….

Yang saya hormati bapak-bapak dan ibu-ibu guru, karyawan-karyawati …………….

Serta teman-temanku yang berbahagia

Pada kesempatan yang berbahagia ini mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT. Karena atas rohmat-Nya kita dapat berkumpul pada siang hari ini tanpa ada halangan suatu apapun. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada saudara-saudara yang telah hadir dalam acara peringatan hari pendidikan nasional tanggal 2 Mei. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato dengan tema “ Pendidikan bagi Genersi Muda Bangsaku”.

Hadirin yang berbahagia,

Hari yang bersejarah tepatnya pada tanggal 2 Mei, patut kita kenang. Karena hari pendidikan Nasional adalah masalah yang sangat penting, khususnya bagi para pelajar. Sebagai warga negara Indonesia hendaklah mengetahui bahwa hari pendidikan nasional itu tidak hanya diperingati oleh jenjang pendidikan tingkat tinggi, akan tetapi dari jenjang pendidikan tingkat dasarpun ikut memeriahkannya.

Sebagai generasi penerus haruslah sadar tentang pendidikan, karena tujuan utama pendidikan adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kalau kita amati dengan seksama bahwa pendidikan merupakan masalah yang sangat penting dan perlu mendapat perhatian khusus. Tanpa pendidikan generasi muda tidak mungkin bisa cerdas dan tidak pula siap mengganti generasi tua.

Hadirin yang saya hormati,

Lembaga pendidikan dibuka secara luas atau tempat pendidikan baik formal maupun non formal telah menjamur dimana-mana, tinggal kemauan kita, apabila kita giat menuntut ilmu, maka cita-cita akan tercapai, keberhasilan akan kita peroleh dengan gemilang, akan jadi pemuda yang siap meneruskan pembangunan ini. Tapi sebaliknya bila kita malas menuntut ilmu padahal ada kesempatan belajar, maka rasa penyesalan akan kita rasakan dimasa mendatang.

Hadirin yang berbahagia

Dari penyampaian pidato saya kali ini dapat diambil kesimpulan bahwa menuntut ilmu adalah kewajiban kita sebagai pelajar, dengan ilmu kita dapat sukses di masa yang akan datang dan dengan ilmu pula ,kita sebagai generasi penerus bangsa akan dapat membangun bangsa Indonesia tercinta ini untuk menjadi yang lebih baik.

Dengan memperingati hari pendidikan Nasional tanggal 2 Mei, mari kita ambil hikmahnya untuk meningkatkan semangat belajar kita dan turut mencerdaskan kehidupan bangsa. Tak lupa kita senantiasa berdoa semoga tokoh pendidikan Nasional kita, ki Hajar Dewantara yang telah wafat mendahului kita dibalas jasa-jasa beliau oleh Allah SWT.

Hadirin yang saya hormati,

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan ada guna dan manfaatnya. Terimakasih atas segala perhatian saudara dan mohon maaf apa bila ada kekurangan. Akhiru kalam wabilahit taufiq walhidayat Wassalamualaikum Wr.Wb.

Pidato Memperingati Hari Pendidikan Nasional Part 2

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam sejahtera bagi kita semua Saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Hadirin – hadirat sekalian yang berbahagia. Marilah kita panjatkan puji kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat dan anugerah-Nya kepada kita, sehingga kita dapat berkumpul di halaman SMA…………. dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional.

Setiap tanggai 2 Mei, kita peringati sebagai hari Pendidikan Nasional. Sebagai bangsa Indonesia, dalam kaitannya dengan hari Pendidikan Nasional ini, tentu ingatan kita tertuju pada peletak dasar pendidikan yang pertama kali bagi bangsa Indonesia, yaitu Ki Hajar Dewantoro dengan Taman Siswa yang didirikannya.

Pada saat itu penyelenggaraan pendidikan oleh pemerintah kolonial Belanda hanya dibatasi pada kelompok tertentu, itupun sesuai dengan kepentingan pemerintah kolonial sendiri. Penyelenggaraan pendidikan diprioritaskan buat anak keturunan Eropa, sementara anak bumiputera, hanya sebagian kecil yang mendapatkan kesempatan belajar.

Pada tahun 1920 Ki Hajar Dewantoro mendirikan perguruan kebangsaan yang bernama Taman Siswa. Di samping untuk belajar menimba ilmu pengetahuan, pendidikan dalam sekolah itu juga bertujuan untuk membentuk jiwa kebangsaan. Diharapkan para murid Taman Siswa bukan hanya pandai, tetapi juga mampu menjadi calon pemimpin bangsa. Untuk tujuan itu, dalam setiap kegiatan belajar mengajar ditanamkan semangat cinta tanah air dan anti penjajah.

Demikianlah kepeloporan Ki Hajar Dewantoro sebagai pendobrak era kebodohan menuju bangsa Indoesia yang cerdas dan bermartabat!

Pendidikan adalah perkara sangat penting yang harus mendapatkan perhatian sangat serius dari pemerintah, sebagaimana yang diamanatkan dalam UUD’45. Pemerintah berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Seluruh bangsa Indonesia harus menyadari betapa pentingnya masalah pendidikan ini. Secara bersama-sama marilah kita tingkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan.

Demikan pidato singkat ini, apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati, saya selaku manusia biasa mohon maaf sebesar-besarnya!

Terima kasih atas perhatiannya,

Wassalaamu’alaikum wr wb


Description: Pidato Memperingati Hari Pendidikan Nasional Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Pidato Memperingati Hari Pendidikan Nasional


Pengunjung Lain Juga Membaca:


Gali lebih banyak tentang Pidato Memperingati Hari Pendidikan Nasional
Back To Top