Pelajaran dan Tugas Sekolah

Pidato Memperingati Nuzulul Al-Quran

Nuzulul Qur’an yang secara harfiah berarti turunnya Al Qur’an (kitab suci agama Islam) adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan wahyu Allah pertama kepada nabi dan rasul terakhir agama Islam yakni Nabi Muhammad SAW.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Kaum muslimin dan mislimat yang kami hormati.

Lebih afdolnya marilah kita mengucapkan puja dan puji syukur kepada Allah SWT, karena pada kesempatan malam ini kita bisa berkumpul di masjid dengan maksud memperingati nuzulul Qur’an.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW, karena hanya beliaulah yang telah membawa mini ajaran agama Islam, sehingga kita bisa membedakan yang haq dan yang bathil.

Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia.

Malam ini tepatnya malam yang ketujuh belas dibulan Ramadhan tanggal tersebut ada peristiwa yang terpenting karena temurunnya Al Qur’an yang pertama kali. Al Qur’an merupakan mukjizat nabi Muhammad SAW. yang diwahyukan Allah melalui beliau SAW. untuk umatnya yang setia mengikuti Nabi Muhammad. Karena pada dasamya Al Qur’an adalah sebagai petunjuk orang-orang yang bertaqwa, dan tidak boleh diragukan lagi akan keberadaan Al Qur’an tersebut. Dengan Al Qur’an hidup kita akan terarah kepada kebenaran. Dengan Al Qur’an hidup kita terang benderang, karena Al Qur’an merupakan sumber segala sumber, hukum yang patut kita jadikan pedoman dalam hidup ini agar tidak tersesat.

Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati.

Bagi kita semua yang terpenting dalam memperingati nuzulul Qur’an adalah, bagaimana kita semua dalam menempuh hidup ini, apakah sudah sesuai dengan aturan Al Qur’an atau belum. Tapi dalam hidup ini kita harus manut terhadap Al Qur’an jangan malah sebaliknya Al Qur’an yang harus mengikuti kita.

Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia.

Al Qur ’an harus kita kaji dengan sebaik – baiknya, jangan hanya sekedar hiasan, jangan hanya sekedar dibaca, tapi bagaimana kita bisa memahami maksud yang terkandung di dalamnya, agar dalam hidup ini kita mengarah kepada Al Qur’an, sehingga jalan yang kita lalui tidak menyimpang terhadap norma agama dan norma masyarakat.

Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia.

Demikian sambutan pidato kami dengan harapan agar kaum muslimin dan muslimat bisa mengerti tentang turunnya Al-Qur’an. Mudah-mudahan membawa manfaat, billahi taufiq wal hidayat.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
BACA SELENGKAPNYA...


Mirip dengan Pidato Memperingati Nuzulul Al-Quran :


Back To Top