Pelajaran dan Tugas Sekolah

Pidato Pada Acara Pelepasan Haji


Artikel Terkait dengan Pidato Pada Acara Pelepasan Haji

Haji (bahasa Arab: حج‎; transliterasi: Hajj) adalah rukun (tiang agama) Islam yang kelima setelah syahadat, salat, zakat dan puasa. Menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslim sedunia yang mampu (material, fisik, dan keilmuan) dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di Arab Saudi pada suatu waktu yang dikenal sebagai musim haji (bulan Zulhijah). Hal ini berbeda dengan ibadah umrah yang bisa dilaksanakan sewaktu-waktu.

Kegiatan inti ibadah haji dimulai pada tanggal 8 Zulhijah ketika umat Islam bermalam di Mina, wukuf (berdiam diri) di Padang Arafah pada tanggal 9 Zulhijah, dan berakhir setelah melempar jumrah (melempar batu simbolisasi setan) pada tanggal 10 Zulhijah. Masyarakat Indonesia lazim juga menyebut hari raya Idul Adha sebagai Hari Raya Haji karena bersamaan dengan perayaan ibadah haji ini.

Assalamu’alaikum Wb. Wb.

Kaum muslimin serta muslimat yang kami hormati..

Pada mulanya marilah kita panjatkan puji serta syukur kehadirat ALLAH SWT. dikarenakan pada hari ini kita tetap diberi peluang agar bisa ada diacara pelepasan jemaah haji warga/keluarga ( bapak/ibu )…….. didalam situasi sehat walafiat, tanpa ada rintangan satu apa pun.

Mudah-mudahan shalawat serta dan salam semoga terus tercurahkan pada junjungan kita, nabi besar Muhamad SAW. dikarenakan beliaulah yang merubah tatanan jahiliyah menuju tatanan islamiah.

Kaum muslimin serta muslimat yang berbahagia.

Alhamdulillah pada peluang yang berbahagia ini kita bisa berkumpul dalam rencana menghadiri acara halal bi halal serta pelepasan jamaah calon haji warga/keluarga ( bapak/ibu )……… th………. H ini.

Hadirin yang dirahmati ALLAH SWT.

Di th. ……….. H ini, warga/keluarga ( bapak/ibu )……… yang dapat menunaikan ibadah haji ini mudah-mudahan jadikan haji yang mabrur. Di bulan ini banyak saudara-saudara islam yang dapat, baik dari sisi ekonomi, ataupun kesehatan, yang harus untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci makah. teriring do’a mudah-mudahan saudara-saudara kita seluruh yang melaksanakan haji selalu jadi haji yang mabrur.

Hadirin yang dirahmati ALLAH SWT.

Haji mabrur pastinya dapat membuahkan beragam jenis manfaat, baik untuk dirinya, keluarganya, ataupun lingkungannya. terkait dengan ibadah haji ini sebagaimana yang diterangkan ALLAH SWT didalam fiman-nya :

Serta kerjakan haji itu yaitu keharusan manusia pada ALLAH SWT. yakni untuk orang-orang yang sanggup untuk kerjakan perjalanan ke baitullah.

Hadirin yang dirahmati ALLAH SWT.

Didalam bulan dzulhijjah tepatnya tanggal 10 ada juga perintah untuk menyembelih hewan ternak, baik berbentuk kambing, sapi, ataupun unta. perintah kurban ini ditujukan pada orang-orang yang sudah dapat dalam rencana mendekatkan diri pada ALLAH SWT. perintah menyembelih kurban ini sebagaimana yang diterangkan ALLAH SWT didalam firman-nya : maka lakukanlah shalat, serta sembelihlah kurban.

Hadirin yang berbahagia..

Sebagai umat islam pasti kita seluruhnya yang belum diberi peluang oleh ALLAH SWT melaksanakan ibadah haji ini juga pingin melaksanakan ibadah haji sebagaimana halnya ayah abdau. oleh dikarenakan itu kami yang dapat melepas keberangkatan ayah abdau beserta ibu ke tanah suci ini bisa memetik hikmah tasyakur haji ini, hingga mudah-mudahan kita kedepannya juga diberi kemampuan serta kekuatan melaksanakn ibadah haji sebagaimana halnya ayah abdau saat ini ini. amin !

Hadirin yang dimuliakan..

Sekali lagi atas nama keluarga bapak/ibu…….. kami mengemukakan terima kasih yang tidak terhingga atas perhatian hadirin yang ada saat malam ( hari ) ini. pada bapak/ibu………. beserta ibu, sekali lagi kami atas nama hadirin mengucapkan selamat jalur, selamat menunaikan ibadah haji, semoga jadi haji yang mabrur. amin.

Akhirul kalam, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Description: Pidato Pada Acara Pelepasan Haji Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Pidato Pada Acara Pelepasan Haji


Pengunjung Lain Juga Membaca:


Gali lebih banyak tentang Pidato Pada Acara Pelepasan Haji
Back To Top