Pelajaran dan Tugas Sekolah

Pengertian Teks Tanggapan Kritis


Artikel Terkait dengan Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Pengertian Teks Tanggapan Kritis
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan tanggapan adalah sambutan terhadap ucapan (kritik, komentar, dsb); apa yang diterima oleh pancaindra; bayangan dalam angan-angan. Sedangkan yang dimaksud dengan kritis adalah bersifat tidak lekas percaya; bersifat selalu berusaha menemukan kesalahan atau kekeliruan; tajam dalam penganalisisan. Jadi bisa disimpulkan bahwa teks tanggapan kritis adalah teks yang berisi kritik tajam terhadap suatu hal mengenai kesalahan atau kekeliruannya.


Struktur Teks Tanggapan Kritis
Struktur teks tanggapan kritis yaitu:
1. Orientasi
2. Evaluasi
3. Tafsiran
4. Simpulan


Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis
Kaidah kebahasaan pada teks tanggapan kritis yang benar adalah sebagai berikut.
1. Kalimat kompleks
2. Konjungsi
3. Kata Rujukan
4. Kata Hubung
5. Pilihan Kata

Contoh Teks Tanggapan Kritis
Tanggapan Kritis Artikel "Sukses Berantas Prostitusi - - - Desa Pakraman Bukti kini Berjuan Entaskan Warga Dari Kemiskina
Sebagaimana yang telah dijelaskan di dalam artikel tersebut bahwa dulunya desa Pakraman Bukti merupakan “sarang pelacuran” dan salah satu desa dengan tingkat kemiskinan terparah di Buleleng. Awalnya penduduk desa Pakraman Bukti berjuang memberantas stigma negatif yang telah melekat terhadap desanya, yaitu sebagai “sarang pelacuran”. Sebelum adanya pemberantasan “sarang pelacuran” tersebut, penduduk setempat merasa sangat malu dengan identitasnya sebagai masyarakat Pakraman Bukti. Perjuangan tersebut sangatlah berat, mulai dari pendekatan personal, yang tak sepenuhnya berhasil, hingga mengadakan paruman desa yang menghasilkan bentuk awig-awig yang baru.
Awig-awig adalah suatu produk hukum dari suatu organisasi tradisional di Bali, yang umumnya dibuat secara musyawarah mufakat oleh seluruh anggotanya dan berlaku sebagai pedoman bertingkah laku dari anggota organisasi yang bersangkutan. Dengan demikian, awig-awig adalah patokan-patokan tingkah laku yang dibuat oleh masyarakat yang bersangkutan berdasarkan rasa keadilan dan rasa kepatutan yang hidup dalam masyarakat yang bersangkutan, (Astiti:2005:19).


Description: Pengertian Teks Tanggapan Kritis Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Pengertian Teks Tanggapan Kritis


Pengunjung Lain Juga Membaca:


Gali lebih banyak tentang Pengertian Teks Tanggapan Kritis
0 Komentar untuk "Pengertian Teks Tanggapan Kritis"
Back To Top