Pelajaran dan Tugas Sekolah

Aksara Jawa


Artikel Terkait dengan Aksara Jawa


Aksara Jawa

Apa sihyang dimaksud dengan aksara jawa? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, marilah kita pelajari terlebih dahulu dimana aksara jawa dipelajari. Aksara jawa dipelajari di pulau jawa khususnya di jawa tengah dan jawa timur. Aksara jawa sudah ada sejak nenek moyang kita dan sejak ratusan tahun yang lalu. Sekarang, mari kita jawab dan belajar bersama tentang pertanyaan pertama tadi. Pertanyaan tersebut jawabannya adalah aksara jawa yaitu lambang huruf yang digunakan oleh orang jawa. Lambang-lambang tersebut digunakan pada umumnya sebelum huruf latin ( a, b, c, dst) mulcul.
Saat ini aksara jawa sebetulnya masih digunakan dan ada di sekitar kita, seperti dalam pelajaran mulok (muatan local) dan seperti jalan-jalan di kawasan Jogja (DIY). Di kawasan Jogja, jalan-jalannya masih diselipi aksara jawa yang menuliskan nama jalan tersebut. Akhir-akhir ini sudah banyak generasi muda dan generasi penerus yang lupa dengan aksara-aksara jawa. Maka dari itu, marilah kita belajar bersama di Blog kesayangan kita ini bersama-sama. Marilah kita lihat apa saja aksara jawa itu dan bagaimana bentuk pasangannya.
Aksara Jawa
Aksara Jawa
Pasangan dalam aksara jawa digunakan saat kalimat yang kita susun menggunakan huruf mati tanpa huruf vocal. Seperti pada kalimat “takwa”. Dimana pada kalimat “takwa” tersebut ada huruf “k”ditengah, padahal pada aksara jawa tidak ada aksara “k” adanya aksara “ka”dan pasangannya. Dengan begitu, aksara jawa dalam kalimat “takwa” tersebut di tulis dengan urutan aksara “ta”kemudian aksara “ka” kemudian pasangan aksara “wa"jadinya seperti ini :
Oke sakarang mari kita belajar bareng lagi dengan melihat contoh aksara jawa berikut ini.

Semoga belajar bareng kita kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua, Amin. Dan semoga kita selalu diberikan kemudahan untuk belajar (menambah ilmu) Amin.

Oleh :
Gunawan Budi utomo
12006096
Pendidikan Matematika
Universitas Ahmad Dahlan



Description: Aksara Jawa Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Aksara Jawa


Pengunjung Lain Juga Membaca:


Gali lebih banyak tentang Aksara Jawa
0 Komentar untuk "Aksara Jawa"
Back To Top