Pelajaran dan Tugas Sekolah

Pengertian dan contoh Paragraf Eksposisi


Artikel Terkait dengan Pengertian dan contoh Paragraf Eksposisi

Pengertian Paragraf Eksposisi adalah paragraf atau karangan yang mempunyai tujuan untuk memberikan informasi tentang sesuatu sehingga bisa memperluas pengetahuan pembaca. Paragraf eksposisi bersifat ilmiah/ nonfiksi. Sumber karangan paragraf eksposisi ini bisa diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian atau pengalaman.

Ciri-ciri paragraf eksposisi:
· Memaparkan definisi dan memaparkan langkah-langkah, metode atau melaksanakan suatu tindakan.
· Gaya penulisannya bersifat imformatif.
· Menginformasikan/menceritakan sesuatu yang tidak bisa dicapai oleh alat indra.
· Paragraf eksposisi umumnya menjawab pertanyaan apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana.

Macam macam paragraf eksposisi
1. eksposisi definisi
2. eksposisi proses
3. eksposisi klasifikasi
4. eksposisi ilustrasi (contoh)
5. eksposisi perbandingan & pertentangan, dan
6. eksposisi laporan

1. Paragraf Eksposisi Definisi
Pekerjaan sosial merupakan suatu pelayanan professional yang prakteknya didasarkan kepada pengetahuan dan keterampilan tentang relasi manusia sehingga dapat membantu individu, kelompok dan masyarakat untuk mencapai kepuasan pribadi dan sosial. Kegiatan professional untuk membantu individu, kelompok, dan masyarakat guna meningkatkan atau memperbaiki kemampuan mereka dalam berfungsi sosial serta menciptakan kondisi masyarakat yang memungkinkan mereka mencapai tujuan. Pekerjaan sosial bertujuan untuk meningkatkan keberfungsian sosial baik secara individual maupun kelompok, di mana kegiatannya difokuskan kepada relasi sosial mereka, khususnya interaksi antara manusia dengan lingkungannya.

2. Paragraf Eksposisi Klasifikasi
Makhluk hidup didasarkan pada persamaan dan perbedaan ciri yang dimiliki makhluk hidup, misalnya bentuk tubuh atau fungsi alat tubuhnya. Makhluk hidup yang memliliki ciri yang sama dikelompokkan dalam satu golongan. Contoh klasifikasi makhluk hidup adalah. Berdasarkan ukuran tubuhnya. Contoh: Tumbuhan dikelompokkan menjadi pohon, perdu, dan semak. Berdasarkan lingkungan tempat hidupnya. Contoh: Tumbuhan dikelompokkan menjadi tumbuhan yang hidup di lingkungan kering (xerofit), tumbuhan yang hidup di lingkungan air (hidrofit), dan tumbuhan yang hidup di lingkungan lembap (higrofit). Berdasarkan manfaatnya. Contoh: Tumbuhan dikelompokkan menjadi tanaman obat-obatan, tanaman sandang, tanaman hias, tanaman pangan dan sebagainya. Berdasarkan jenis makanannya. Contoh: Hewan dikelompokkan menjadi hewan pemakan daging (karnivora), hewan pemakan tumbuhan (herbivora), dan hewan pemakan hewan serta tumbuhan (omnivora).

3. Paragraf Eksposisi Proses
Penyakit batuk boleh juga dikategorikan ke dalam penyakit yang begitu menyiksa. Bagaimana tidak, penyakit ini selalu disertai dengat rasa sakit yang sangat di bagian tenggorokan. Apalagi, kalau batuk itu disertai dengan demam. Tapi, bisa disembuhkan dengan beberapa bahan sederhana yang biasa ada di dapur, kenapa tidak memanfaatkan bahan sederhana itu saja. Bahan-bahan sederhana itu bisa diolah menjadi resep minuman berkhasiat meredakan batuk dan deman. Cara membuatnya juga cukup mudah yaitu Rebus air putih dan jahe hingga mendidih, matikan api kompornya, lalu tuang ke dalam cangkir, kemudian tambahkan madu dan air daun pare, aduk hingga semua bahan tercampur rata, minuman berkhasiat meredakan demam dan batuk siap diminum.

4. Paragraf Eksposisi Ilustrasi
Gempa bumi yang cukup kuat dirasakan warga di Solo, Sabtu (25/1/2014). Menurut Twitter Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia, gempa tersebut berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) dengan pusat gempa di 104 km barat daya Kebumen, Jawa Tengah dengan kedalaman gempa 48 km, pada pukul 12:14:20 WIB. Tak hanya warga Solo, gempa tersebut ternyata juga dirasakan oleh warga yang berada di wilayah Sukoharjo. Para pengunjung mal The Park Mall Solo Baru, Sukoharjo berhamburan ke luar mal begitu menyadari ada gempa.

5. Paragraf Eksposisi Perbandingan
Joko Widodo yang sekarang menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta memang dikenal sebagi sosok pemimpin yang merakyat, selalu melakukan blusukan untuk mendengar aspirasi masyarakat, Jokowi merupakan sosok pemimpin yang kharismatik, dan mau terjun langsung ke masyarakat. Sosok Jokowi Berbeda dengan pemimpin-pemimpin daerah yang lain yang hanya bisa duduk manis di kantornya yang belum memberikan aksi nyata untuk daerahnya.

6. Paragraf Eksposisi Laporan
Penerbangan MH 370 milik Malaysia Airlines hilang dalam penerbangan dari Kuala Lumpur, Malaysia, menuju Beijing, China, Sabtu (8/3/2014) pagi. Di antara 239 penumpang, termasuk dua bayi dan 12 kru pesawat itu, terdapat 12 orang Indonesia. Sebelumnya disebutkan, penumpang berasal dari 13 negara. Namun, daftar berikut menyertakan data yang menyebutkan 14 kewarganegaraan. Berikut ini adalah rincian asal negara penumpang dan jumlahnya:

1. China 152 orang dan 1 bayi
2. Malaysia 38 orang
3. Indonesia 12 orang
4. Australia 7 orang
5. Perancis 3 orang
6. Amerika Serikat 3 orang dan 1 bayi
7. Selandia Baru 2 orang
8. Ukraina 2 orang
9. Kanada 2 orang
10. Rusia 1 orang
11. Italia 1 orang
12. Taiwan 1 orang
13 . Belanda 1 orang
14 . Austria 1 orang

14 . Austria 1 orang


Description: Pengertian dan contoh Paragraf Eksposisi Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Pengertian dan contoh Paragraf Eksposisi


Pengunjung Lain Juga Membaca:


Gali lebih banyak tentang Pengertian dan contoh Paragraf Eksposisi
0 Komentar untuk "Pengertian dan contoh Paragraf Eksposisi"
Back To Top