Pelajaran dan Tugas Sekolah

Cara Mencegah Alergi


Artikel Terkait dengan Cara Mencegah Alergi

Cara Mencegah Alergi - Alergi merupakan kegagalan tubuh di mana tubuh menjadi terlalu sensitif terhadap dalam melakukan reaksi secara imunologi pada bahan-pahan yang biasanya antigenik (imunogenik) atau yang bersifat atopik menurut penderitanya. Pada penderita alergi, tubuhnya mengalami reaksi secara berlebihan terhadap bahan-bahan atau lingkungan yang oleh tubuh dianggap berbahaya dan asing, namun sebetulnya tidak bagi orang-orang yang tak bersifat atopik. Bahan-bahan yang menjadi penyebab alergi dinamakan alergen.
Cara Mencegah Alergi
1. Menjaga kebersihan lingkungan, baik lingkungan di dalam rumah maupun di luar rumah, mencakup tidak menimbun banyak barang di dalam rumah yang bisa menjadi tempat berkumpulnya debu sebagan rangsangan munculnya reaksi alergi. Usahakan untuk tidak memelihara hewan di dalam ruman atau meletakkan kandang binatang peliharaan di sekitar rumah.
2. Menjaga kebersihan diri, untuk mencegah berkumpulmnya daki yang bisa menjadi sumber rangsangan timbulnya alergi. Usahakan untuk mandi dengan menggunakan air hangat dan usahakan mandi sore sebelum pukul 17.00. Hindari menggunakan cat rambut.
3. Pakai bantal atau kasur yang dibuat dari bahan busa, bukan kapuk.
4. Hindari penggunaan parfum atau pewangi ruangan dan obat-obatan anti nyamuk. Solusinya, gunakan raket anti nyamuk jika di dalam rumah terdapat banyak nyamuk.
5. Hindari penggunaa pakaian yang dibuat dari bahan wool, pakai pakaian yang dibuat dari bahan katun.
6. Pakai sprei dari bahan katun, cuci minimal seminggu sekali dengan menggunakan air hangat.
7. AC bisa digunakan, namun tidak boleh terlalu dingin dan hindari penggunaan hingga lebih dari pukul 24.00.
8. Waspadai setiap jenis makanan, minuman, maupun obat-obatan yang bisa menyebabkan reaksi alergi. Hindari bahan makanan, minuman, ataupun obat-obatan tersebut.
9. Konsultasikan dengan spesialis. Alergi yang timbul meemrlukan perawatan yang berbeda-beda pada tiap-tiap penderita alergi. Minta kepada dokter untuk melakukan imunoterapi guna menurunkan kepekaan terhadap bahan-bahan pemicu reaksi alergi, misalnya dengan melakukan injeksi dengan menggunakan ekstrak debu rumah atau dengan melakukan imunisasi BCG minumum 3 kali (1 kali dalam sebulan berturut-turut, dan diulang per enam bulan sekali.

Itulah tips-tips mencegah alergi.



Description: Cara Mencegah Alergi Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Cara Mencegah Alergi


Pengunjung Lain Juga Membaca:


Gali lebih banyak tentang Cara Mencegah Alergi
0 Komentar untuk "Cara Mencegah Alergi"
Back To Top