Pelajaran dan Tugas Sekolah

Proses Pembuatan Tahu | Cara Membuat Tahu


Artikel Terkait dengan Proses Pembuatan Tahu | Cara Membuat Tahu

Tahu merupakan makanan berbahan dasar kedelai yang difermentasikan kemudian diambil sarinya. Tahu merupakan makanan yang mengandung protein yang tinggi, di mana protein merupakan salah satu zat gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia sebagai zat pembangun.
Berikut ini adalah proses pembuatan tahu.
1. Kedelai ditampi untuk pemilihan biji yang berukuran besar.
2. Kedelai dibersihkan kemudian direndam di dalam air dalam waktu 6 jam.
3. Kedelai dicuci lagi dalam waktu 30 menit.
4. Kedelai dibagi-bagi dan ditaruh dalam ebleg, yang dibuat dari plastik atau bambu.
5. Kedelai dihaluskan (digiling hingga halus), kemudian butir kedelai mengalir menuju ke dalam tong penampung.
6. Butir kedelai langsung direbus hingga mendidih dalam wajan yang ukurannya besar.
7. Bubur kedelai kemudian dipindahkan dari wajan ke tong atau bak untuk disaring dengan memakai kain mori kasar atau kain belacu yang sudah ditaruh di sangkar bambu. Supaya seluruh sari pada bubur kedelai tersaring seluruhnya, pada kain tersebut ditaruh sebuah papan kayu dan menggoyang-goyangnya dengan cara seseorang naik di atasnya untuk menggoyangkannya. Limbah penyaringan yang dinamakan ampas tahu, diperas lagi dengan ara menyiram dengan menggunakan air dingin hingga tak lagi mengandung sari. Penyaringan dilakuakn secara berkali-kali sampai bubur kedelai habis.
8. Air hasil saringan yang terdapat d dalam tong berwarna putih atau kuning ditambahkan asam cuka supaya menggumpal. Selain penambahan asam cuka, bisa pula campurkan dengan air kelapa atau cairan whey (air sari tahu jika tahu tidak mengalami penggumpalan) yang sudah dieramkan, atau bubuk batu tahu (sulfat kapur).
9. Melakuakn pemisahan air asam dari jonjot atau gumpalan putih kemudian disimpan karena masih bisa dipakai lagi. Jonjot atau gumpalan tahu yang mulai mengalami pengendapan dituang ke dalam kotak yang ukurannya misalnya 60×50 cm2 dan dialasi dengan menggunakan kain belacu. Adonan tahu kotak dikempa dalam waktu 1 menit, sehingga air yang tercampur pada adonan tahu bisa habis terperas. Adonan tahu yang telah padat kemudian dipotong-potong misal dengan ukuran 6×4 cm2. Tahu siap untuk dipasarkan.
Itulah proses pembuatan tahu.

referensi: id.wikibooks.org/wiki/Resep:Tahu



Description: Proses Pembuatan Tahu | Cara Membuat Tahu Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Proses Pembuatan Tahu | Cara Membuat Tahu


Pengunjung Lain Juga Membaca:


Gali lebih banyak tentang Proses Pembuatan Tahu | Cara Membuat Tahu
0 Komentar untuk "Proses Pembuatan Tahu | Cara Membuat Tahu"
Back To Top