Pelajaran dan Tugas Sekolah

Pidato Tentang Hari Bumi


Artikel Terkait dengan Pidato Tentang Hari Bumi

Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan. PBB sendiri merayakan hari Bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari dimana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.

Kini hari bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network)

Saudara-saudara sebangsa serta setanah air yang saya cintai,

Melewati sesuatu peristiwa yang amat pas ini, perkenankan saya mengemukakan pidato dalam rencana hari bumi ini, untuk jadikan renungan untuk kita seluruh. tetapi pada mulanya marilah kita panjatkan puji serta syukur kita pada tuhan yme atas semua rahmatnya yang sudah dilimpahkan pada kita seluruh, hingga kita dikaruniai kesehatan serta peluang untuk berkumpul di area ini.

Saudara-saudaraku,

Hari bumi yang senantiasa kita peringati pada tanggal 22 april dengan internasional oleh seruh umat di bumi ini. yang mana maksudnya hari bumi ini dirancang untuk menambah kesadaran serta apresiasi pada planet yang kita menempati umat manusia ini yakni bumi. nyaris tiap-tiap hari kita mendengar berita perihal ada penebangan-penebangan liar yang membabi buta yang dikerjakan oleh oknum-oknum yang tidak mempunyai kepedulian pada kelestarian lingkungan. sungguh hati ini jadi amat prihatin atas rutinitas jelek yang dikerjakan oleh orang-orang yang mengatasnamakan bisnis lantas mengesampingkan kelestarian rimba yang disebut titipan anak cucu kita kelak.

Berapakah ribu mtr. kubik kayu sudah mereka jarah. sesaat sesudah itu mereka tinggalkan tempat yang telah sedemikian gawat yang amat membahayakan saudara-saudara kita yang lain dengan kemungkinan bencana banjir yang siap mengancam setiap waktu.

Saudara-saudaraku,

Sadarlah, bahwa lingkungan kita ini adalah sesuatu sistem yang saling berkenaan pada yang satu dengan yang lain. bila di antara bagiannya kita rusak maka sisi yang lain dapat turut rasakan mengakibatkan.

Maka daripada itu, sudahilah aktivitas mengakibatkan kerusakan rimba, penebangan liar serta pembabatan rimba yang cuma mementingkan segi bisnis semata tanpa mempedulikan pada kelestarian lingkungan di sekelilingnya.

Lestarikan lingkungan kita sebagai bentuk syukur kita pada sang maha pencipta. berikanlah hak-hak anak cucu kita berbentuk alam yang lestari untuk kelangsungan hidup seluruh komponen alam ini.

Terima kasih atas perhatian saudara-saudaraku. mari kita jaga alam ini, untuk kita serta anak cucu kita seluruh. Sekian..


Description: Pidato Tentang Hari Bumi Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Pidato Tentang Hari Bumi


Pengunjung Lain Juga Membaca:


Gali lebih banyak tentang Pidato Tentang Hari Bumi
Back To Top