Pelajaran dan Tugas Sekolah

Contoh Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya


Artikel Terkait dengan Contoh Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya

Struktur teks tanggapan kritis:
- orientasi : pengenalan
- evaluasi : pengungkapan kelebihan dan kekurangan
- tafsiran : pemberian kesan dan pendapat atas opini yg diungkapkan
- simpulan : ikhtisar dari hal yg diuraikan

Contoh Teks Tanggapan Kritis

Korean Wave di Indonesia


No
Struktur
Deskripsi
1.
Orientasi
The Korean Wave (Hallyu)  adalah sebuah istilah yang menjurus pada popularitas budaya pop Korea di luar negeri.The Korean Wave ini menjadi sarana negara Korea untukmelegalkan ideologi Korea agar mudah diterima dunia internasional. Hallyu seperti memicu banyak orang-orang di negara tersebut untuk mempelajari bahasa Korea dan kebudayaan Korea. Negeri Gingseng itu memang memiliki beraneka ragam budaya yang unik dan menarik. Budaya itu antara lain film dan drama, musik pop, animasi, dan sejenisnya. Gelombang korea atau Korean Wave tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Gelombang ini telah sampai ke benua Eropa, Afrika, Australia, dan Asia.
2.
Evaluasi
Budaya korea yang kini mulai masuk ke Indonesia mulai digandrungi oleh masyarakat terutama kalangan muda. Melihat antusiasme masyarakat terhadap budaya korea ini, media memanfaatkannya dengan cara mengadakan hal yang berhubungan dengan korea. Dapat kita lihat dari tayangan yang ada di televisi. Banyak sekali Genre Korean Wave, seperti drama dan film dan musik pop ( K-pop) yang ditayangkan. Ditambah pemainnya yang dapat menarik hati para kaum muda Indonesia. Tentu menjadikan keberadaan korea di Indonesia semakin banyak.
3.
Tafsiran
Hal ini tentunya tidak masalah. Namun perlu diperhatikan lagi bahwa ketertarikan ini menyebabkan masyarakat, terutama kalangan muda lebih tertarik dengan budaya Korea dari pada budaya Indonesia sendiri. Dampak negatif Korean Wave yang lain adalah mempengaruhi perkembangan musik Indonesia. Musik seperti melayu dan dangdut lama kelamaan semakin sedikit penikmatnya. Mereka semua seakan menganggap musik itu kuno dan ketinggalan jaman. Fanatisme yang berlebihan dikalangan pelajar. Gaya berpakaian anak muda Indonesia yang cenderung meniru budaya KPOP yang dianggap dunia sebagai kiblat.

Meskipun demikian, tak selalu budaya yang masuk ke Indonesia hanya memiliki sisi negatif saja. Ada juga sisi positifnya. Salah satu sisi positif dari budaya Korean Waveadalah kecintaan masyarakat terhadap musik semakin tinggi. Masuknya berbagai genre musik dari korea berpengaruh juga terhadap musik Indonesia. Hal ini dapat memoderenkan musik yang ada di Indonesia. Selain itu banyak bakat yang bermunculan dikalangan anak muda Indonesia. Seperti mereka mengerti apa yang dimaksud dengan dance, genre musik yang bermacam macam. Hal ini tentu dapat membuat semangat kalangan muda bertambah. Bertambahnya pengetahuan mereka tentang budaya dan bahasa Korea. Seperti contoh, mereka mempelajari bahasa Korea. Dalam hal ini maka pengetahuan yang dimilikinya tentang negara lain pun juga akan ikut berkembang. Selain dari semua itu, kedatangan artis korea ke Jakarta yang akan mengadakan konser seperti BIGBANG, secara tidak langsung dapat menambah devisa negara.

4.
Simpulan
Mencintai budaya luar boleh-boleh saja. Namun jangan sampai kita lupa dengan budaya yang kita miliki. Sebagai anak bangsa, kita perlu menjaga dan melestarikan budaya kita. Jangan sampai budaya kita luntur bahkan hilang karena perkembangan jaman.



Description: Contoh Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Contoh Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya


Pengunjung Lain Juga Membaca:


Gali lebih banyak tentang Contoh Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya
0 Komentar untuk "Contoh Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya"
Back To Top