Bulan Ramadhan telah membentuk tradisi baru dalam televisi kita. Keislaman jadi kedok yang dikenakan tiap tayangan yang disuguhkan. Berbagai macam cara pandang dikampanyekan dalam bingkai Islam.
Remotivi, bekerja sama dengan Komisi Anti-Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) mengadakan penelitian tentang bagaimana tayangan Ramadhan, khususnya sinetron Ramadhan, membingkai perempuan dengan justifikasi Islam. Penelitian ini dipandu oleh tiga pertanyaan utama; 1.) pandangan Islam seperti apa yang diadopsi oleh stasiun televisi bersiaran nasional?, 2.) Apakah pluralitas wajah Islam terwadahi dalam muatan siaran televisi?, dan 3.) Bagaimana posisi perempuan dalam pandangan tersebut?
Penelitian ini mengambil sampel tujuh episode dari tiga sinetron Ramadhan yang ditayangkan oleh tiga stasiun televisi dalam periode 10-16 Juli 2013. Sinetron-sinetron tersebut adalah Anak-anak Manusia (RCTI), Para Pencari Tuhan (SCTV), dan Hanya Tuhanlah yang Tahu (Trans TV).
>>
Mirip dengan Wajah Ideologi Dominan dalam Sinetron Ramadhan :
- Pawarta basa jawa
 - "Messi Korea" dihalangi FIFA saat di rekrut Barcelona
 - Meluruskan arti islam fundamental
 - MENGEJUTKAN !!! TERNYATA NEIL AMSTRONG, BUKANLAH ORANG YANG PERTAMA KALI MENGINJAKKAN KAKINYA DI BULAN
 - kasus korupsi gayus tambunan
 - Kasus korupsi nazarudin
 - Monster Laut baru Ditemukan
 - GEMPAR AKSI IBU HISAP ANU ANAK SENDIRI
 - Bukti Air di Mars Ditemukan
 - Teks Pembuka dan Penutup Berita dalam Bahasa Inggris
 - Wajah Ideologi Dominan dalam Sinetron Ramadhan
 - Beginilah Bedanya Air Zam-zam dengan Air Biasa dalam X-Ray
 
0 Komentar untuk "Wajah Ideologi Dominan dalam Sinetron Ramadhan"